Dalam rangka menyambut mahasiswa baru Tahun Akademik 2024/2025, Program Studi Hubungan Masyarakat UPN "Veteran" Yogyakarta menggelar PRODay (Public Relations Orientation Day) 2024.  PRODay 2024 dilaksanakan di Kampus II UPN "Veteran" Yogyakarta pada Rabu (14/08/2024), acara ini dihadiri oleh total 216 mahasiswa baru Program Studi Humas. Kegiatan orientasi studi dan pengenalan kampus ini diinisiasi oleh Himpunan  Mahasiswa Hubungan Masyarakat (HM HUMAS).
PRODay hadir sebagai bagian dari rangkaian Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat beradaptasi dengan lingkungan kampus khususnya untuk mengenal budaya Program Studi Humas.
Mengusung tema "Futuristic Metaverse", PRODay kali ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk mengeksplorasi komunikasi praktisi Public Relations dalam dunia virtual. Tema tersebut diawali karena kini proses normalisasi berlangsungnya proses komunikasi akan lebih banyak melibatkan penggunaan teknologi seperti sosial media.
Esensi dari acara ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman bagi mahasiswa baru untuk memahami dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi serta tren komunikasi di masa depan.
Acara ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Prodi Humas, Ibu Dra. Siti Fatonah, M.Si., Dalam sambutannya, Beliau menyampaikan, Â "Proficiat kepada mahasiswa baru angkatan 2024, saya sangat bangga karena peminat Prodi Humas semakin meningkat setiap tahunnya. Mahasiswa baru sekalian dapat memanfaatkan fasilitas kampus seperti laboratorium radio, laboratorium foto, dan laboratorium PR untuk menunjang studinya. Saya berharap para mahasiswa baru nantinya memperoleh IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi dan menjadi lulusan yang unggul serta dapat bersaing di bidangnya"
PRODay 2024 juga menghadirkan sejumlah narasumber yang merupakan ahli di bidang tertentu untuk memaparkan materi orientasi kepada mahasiswa baru. Tampil sebagai pemateri internal, Virginia Ayu Sagita S.Sos.,M.I.Kom, yang merupakan dosen Prodi Humas. Beliau menyampaikan materi pengenalan mengenai profesi PR.
"PR merupakan kegiatan komunikasi strategis untuk membangun citra positif suatu organisasi atau produk di mata publik melalui metode seperti siaran pers, media sosial, dan kolaborasi dengan media. Seorang praktisi PR penting untuk menguasai kemampuan verbal melalui public speaking serta didukung dengan etika dan sopan santun sebagai bahasa nonverbal," tuturnya.
Untuk pembicara eksternal, PRODay menghadirkan sebagai pembicara utama yaitu Azmi Oktansyah, yang merupakan Marketing Communication Berlima Digital Agency. Azmi memberikan motivasi dan wawasan kepada mahasiswa baru mengenai peran Humas sebagai jembatan antara perusahaan dan stakeholders dan pentingnya media sosial bagi seorang Praktisi Humas di era digital.
Lebih lanjut narasumber menuturkan, "Peran Praktisi Humas di era digital sungguh terlihat dalam pengelolaan media sosial perusahaan. Sejak awal, kalian dapat belajar membentuk personal branding yang positif dimulai diri kalian dengan konsep IKIGAI yaitu mengenali passion,  keterampilan, dan potensi diri serta misi hidup kalian. Melalui konsep ini, kalian bisa mengenal potensi diri dan berkontribusi pada apa  yang dibutuhkan masyarakat sehingga tercipta keseimbangan dan hubungan yang harmonis."
Acara PRODay juga dimeriahkan dengan parade sejumlah Kelompok Studi Mahasiswa (KSM) Jurusan Ilmu Komunikasi yang meliputi berbagai bidang minat dan bakat mahasiswa. Seperti  Lembaga Pers Mahasiswa Sikap, Crast FM, Avikom, dan Fotkom.