Mohon tunggu...
Lyfe Pilihan

Arti Penting "Relational Bonding" Bagi MC

2 Maret 2018   09:30 Diperbarui: 2 Maret 2018   09:41 682
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembawa acara atau yang lebih akrab ditelinga kita yaitu MC merupakan profesi yang mengandalkan keahlian dalam mengolah kata-kata. Seorang pembawa acara merupakan sutradara yang akan memimpin suatu rentetan acara secara teratur dan rapi, kemampuannya akan sangat menentukan apakah sebuah acara berlangsung secara lancar atau tidak.

Pembawa acara harus menguasai berbagai aspek baik yang berhubungan langsung dengan acara atau hal yang melengkapi acara pada saat itu. Tidak di pungkiri bahwa MC tidak hanya menguasai segala aspek yang ada di acara tersebut, namun harus memiliki kemampuasn public speaking yang baik sehingga dapat tampil dengan maksimal, terlebih mendapatan atensi penonton. Ditambah dengan personalty yang baik, percaya diri dan kapabilitas maka dapat di katakan memenuhi syarat sebagai pembawa acara.

Namun saat ini MC tidak hanya mampu mengendalikan acara , jago public speaking dan mempunyai kepercayaan diri yang baik, tetapi menjalin hubungan yang baik dengan promotor dari sebelum acara sampai setelah acara, merupakan suatu yang sangat penting dan menurut saya harus di lakukan.

Hubungan yang baik terlebih memiliki ikatan pertemanan dengan promotor/EO merupakan salah satu keuntungan yang besar untuk seorang MC karena promotor/EO biasanya akan memilih MC yang sudah teruji pengalamannya serta nyaman bila diajak kerjasama. Tidak hanya terlepas kenyamannya saja bila prompotor/EO mengenal secara personal ,namun MC tersebut memberikan rasa aman kepada promotor/EO tersebut bila acaranya diserahkan kepadanya.

Pada dasarnya mereka tidak mau ambil pusing dan repot untuk mengenal pribadi dan track recordnya. Menjadi nilai tambah apabila MC membangun hubung tidak hanya di lingkungan kerja saja, namun diluar pekerjaan tetap merekatkan komunikasinya. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah MC dapat bekerjasama kembali dengan promotor tersebut

Relasi yang banyak dan luas dengan berbagai pihak, serta menjalin hubungan dengan berbagai komunitas terlebih teman-teman satu profesi, baik secara offline atau online merupakan soft skill yang harus dimiliki oleh MC agar dapat di kenal oleh masyarakat luas serta bonusnya adalah dapat di percaya untuk membawakan acara di komunitas tersebut atau direkomendasikan kepihak lain karena sudah mengenal secara personal MC tersebut. Hal tersebut dapat menjadi cara untuk membangun personal branding yang MC inginkan secara baik dan kuat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun