Mohon tunggu...
Gian salsabillaAprilyana
Gian salsabillaAprilyana Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA UNESA

..

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penyaluran Ide, Kreativitas, Minat Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

6 Oktober 2023   10:36 Diperbarui: 6 Oktober 2023   10:49 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENYALURAN IDE , KREATIVITAS , MINAT  HAMASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING


Pengertian
Komunitas meupakan sekelompok individu yang mempunyai kesamaan karakteristik sepertikesamaan hobi , minat dan terbentuk karena adanya keinginan dari para anggotanya untukmencapai tujuan tertentu yang telah disepakati bersama. Selain itu, komunitas juga bertujuanuntuk saling memberikan bantuan sesama anggotanya sehingga dapat berkembang bersama-sama.


Manfaat Komunitas
Pembentukan komunitas tentu memiliki manfaat bagi para anggotanya. Adapun beberapamanfaat komunitas adalah sebagai berikut:
1 .Sarana Informasi, penyebaran informasi tertentu dapat menyebar dengan cepat di suatukomunitas.
2.Menjalin Hubungan, manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan manusia lainnyadalam hidupnya.
3. Salin Mendukung, karena adanya minat atau ketertarikan pada bidang tertentu maka setiapanggota komunitas dapat saling memberikan dukungan


Contoh Komunitas
Ada banyak sekali contoh komunitas di sekitar kita yaitu contohnya komunitas komunitas diUniversitas negeri Surabaya kususnya di jurusan Bimbingan dan Konseling , contohkomunitasnya sebagai berikut:
1. ABIKO
ABIKO atau Akademik Bimbingan dan Konseling adalah sebuah, komunitas bagi mahasiswa BKUNESA yang berfokus dalam mempersiapkan mahasiswa BK untuk mengikuti berbagai ajangkompetisi yang dapat mengembangkan potensi diri mereka dalam bidang penalaran danprofesi BK. ABIKO ini juga diharapkan menjadi wadah peningkatan kompetensi, jiwa kreatif daninovatif, serta semangat berprestasi terhadap diri mahasiswa BK demi sebuah kemajuan daneksistensi BK di masa yang akan datang.

2. NABIKO
Nabiko community adalah Komunitas Non-Akademik Bimbingan dan Konseling. Nabikocommunity mengadakan berbagai non-akademik, seperti futsal, badminton, voly, dan lain-lainsesuai dengan minat dan bakat dari mahasiswa program studi bimbingan dan konseling.


3. ENGLISH CLUB
Guidance and Counseling English Club adalah sebuah komunitas untuK mewadahi mahasiswaBimbingan dan Konseling dalam meningkatkan skill Bahasa Inggris yang dimiliki. Dalam EnglishClub ini kita akan belajar Speaking, Writting, Listening, serta akan ada beberapa informasimengenai pertukaran pelajar keluar negeri.\


4. PAGUYUBAN PUTRA PUTRI BK
Pemilihan Putra Putri Bimbingan dan Konseling ini merupakan ajang yang sudah turun-temurunyang dilaksanakan untuk mencari bibit-bibit unggul mahasiswa BK yang bisa dijadikan sebagairole of model bagi mahasiswa BK lainnya.


5. RUANG BACA BK
Ruang Baca Mabiko sebagai fasilitas untuk akses informasi yang dapat mendukungpembelajaran dengan menyediakan referensi buku penunjang akademik mulai dari nasionalhinggal Internasional, serta sebagai tempat berdiskusi di luar jam mata kuliah.


6. BIMBASI FIP UNESA
Pembimbing Sebaya Mahasiswa (Bimbasi) adalah sebuah komunitas selingkung FIP Unesayang membantu mahasiswa dalam permasalahan seputar akademik, sosial, pribadi, karier, sertapsikologis pada mahasiswa. Pelayanan diberikan melalui layanan konsultasi dan bimbingansecara individu atau kelompok. Program kerja di Bimbasi FIP Unesa diantaranya ada seminar,bakti

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun