Mohon tunggu...
AISYATUR RAHMAWATI
AISYATUR RAHMAWATI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Diary

Sepenggal Pengalaman di Bidang Kemanusiaan

4 November 2022   21:43 Diperbarui: 4 November 2022   22:20 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Diary. Sumber ilustrasi: PEXELS/Markus Winkler

Hallo readers, jumpa lagi dengan saya ditulisan yang berbeda namun masih disatu rumpun yang sama yaitu kesehatan.

Disini saya akan berbagi sedikit pengalaman saya saat awal berkecimpung di dunia kesehatan. So, jangan bosan-bosan yaa untuk membaca disetiap kalimatnya.

Dimulai saat pertama kali duduk dibangku SMA, pada kegiatan MPLS terdapat pengenalan organisasi sekolah yaitu salah satunya Palang Merah Remaja atau biasa disebut PMR, dan pada saat itu pula saya mulai sedikit tertarik dengan dunia kesehatan karena menurut saya menolong orang lain merupakan suatu kegiatan yang mulia.

Singkat cerita setelah pendaftaran dan sebelum diresmikan menjadi anggota tetap kita para peserta diwajibkan mengikuti Diklat beberapa hari, disitu banyak sekali kegiatan yang cukup menarik dan juga sedikit menegangkan. Dalam beberapa hari tersebut kita diajarkan banyak hal dan materi, salah satunya yaitu tentang kepemimpinan dan tentunya tentang kepalangmerahan itu sendiri baik pertolongan pertama, perilaku hidup bersih dan sehat, dan lain sebagainya.

Di samping itu semua, saya tidak hanya mendapatkan ilmu kepalangmerahan saja namun juga pengalaman menjadi pengurus organisasi. Di PMR ini terdapat 5 sekbid diantaranya; Sekbid Berkarya dan Berbakti di Masyarakat, Sekbid Kesehatan, Sekbid Persahabatan, Sekbid Logistik dan yang terakhir yaitu Sekbid umum. 

Pada periode pertama saya bergabung menjadi anggota sekbid Berkarya dan Berbakti di Masyarakat, dimana salah satu tugas sekbid ini yaitu mengadakan bakti sosial ketika terjadi bencana alam, nahhh disini saya ikut serta menjadi relawan bersama PMI daerah yang menyediakan makanan gratis untuk para korban yang terdampa bencana. 

Dari kegiatan tersebut saya menjadi lebih tertarik lagi di bidang sosial kesehatan karena menurut saya mengabdi kepada masyarakat sangat menyenangkan bisa membantu saudara kita yang sedang mendapatkan musibah.

Lanjut pada periode kedua saya dipercaya untuk menjadi koordinator Sekbid Umum yg bertugas mengelola sosial media sebagai penghubung antara organisasi dengan masyarakat luar.  Dari sini saya juga belajar banyak hal baru seperti membuat poster kegiatan, fotografi ataupun videografi.

Dari pengalaman-pengalaman tersebut tentunya tidak membuat saya puas sampai disitu, saat ini saya melanjutkan pendidikan di prodi S1 Kesehatan Masyarakat karena ingin terus mengabdi kepada masyarakat secara langsung dan pada saat ini juga saya masih melanjutkan jiwa kerelawanan saya dengan mengikuti KSR PMI di universitas nahdatul ulama Surabaya. 

Karena sejatinya Sebaik baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain (Hadits Riwayat ath-Thabrani, ad - daruqutni)

Sekian sedikit cerita pengalaman hidup saya, sampai bertemu ditulisan-tulisan saya berikutnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun