Mohon tunggu...
Arini Disca Triwulandari
Arini Disca Triwulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Menjalani hidupdengan penuh suka cita

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Energi Bersih dan Terjangkau Fondasi Masa Depan Dunia

4 September 2024   13:04 Diperbarui: 4 September 2024   13:07 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Energi Bersih dan Terjangkau Fondasi Masa Depan Dunia

Semakin bertambahnya umur bumi kita, semakin meningkat pula pertumbuhan penduduk di seluruh penjuru dunia. Dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk maka kebutuhan akan energi juga semakin banyak. Energi merupakan hal yang tidak akan terpisahkan dari kehidupan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari manusia menggunakan energi untuk melakukan semua aktivitas baik itu dalam bidang Ekonomi, Pendidikan, Sosial, maupun Politik. Tanpa adanya energi seluruh manusia di muka bumi ini akan mengalami kesulitan melanjutkan hidup mereka. Energi sendiri terbagi menjadi dua, energi terbarukan dan energi tidak terbarukan. Energi terbarukan merupakan energi yang tercipta dari proses alam, dapat didaur ulang, dapat tersedia terus-menerus, serta memiliki jumlah yang banyak. Contoh dari energi terbarukan, yaitu air, angin, matahari, dan panas bumi. Sedangkan energi tak terbarukan merupakan energi yang tidak bisa didaur ulang, akan habis bila dipakai terus-menerus, serta memerlukan waktu yang lama untuk bisa tercipta kembali. Contoh dari energi tak terbarukan, yaitu minyak bumi, nuklir, batu bara, dan gas bumi. Keberadaan energi tak terbarukan ini sangatlah sedikit jumlahnya. Apabila penghuni bumi di seluruh penjuru dunia menggunakannya secara terus-menerus, hal yang pasti terjadi kita akan kehabisan energi tersebut. Selain itu, anak cucu kita dimasa yang akan datang tidak akan bisa merasakan energi itu. Hal ini dikarenakan energi tak terbarukan ini memerlukan proses yang sangat lama untuk terbentuk kembali. Apabila dibandingkan dengan penggunaannya bagi seluruh manusia di dunia, tentu saja tidak akan bisa selaras.

Dalam penggunaan energi tak terbarukan ini juga menimbulkan berbagai permasalahan. Energi tak terbarukan ketika digunakan akan menghasilkan emisi karbon dioksida atau CO2, emisi inilah yang bisa menimbulkan kerusakan pada ekosistem, pemanasan global, serta perubahan iklim. Dampak yang ditimbulkan sangat mempengaruhi kehidupan seluruh umat manusia dan seluruh makhluk hidup yang ada di dunia. Ketika ekosistem rusak maka keberlangsungan hidup makhluk hidup di bumi ini akan terancam. Pemanasan global dan perubahan iklim yang terjadi akibat emisi karbon juga bisa mengganggu keseimbangan alam dan menimbulkan berbagai macam dampak yang mematikan bagi penghuni bumi. Dengan berbagai macam kemungkinan buruk yang akan terjadi akibat penggunaan energi tak terbarukan, maka sangat diperlukan sebuah solusi untuk meminimalisir terjadinya dampak negatif itu. Ciptaan Tuhan terbukti saling melengkapi, energi terbarukan hadir untuk mengatasi masalah ini. Dengan keunggulannya yang mampu didaur ulang kembali dan digunakan terus-menerus maka penggunaan energi tak terbarukan yang membahayakan kehidupan di muka bumi ini dapat diminimalisir. 

Setelah program sebelumnya Millenium Development Goals (MDGs) Perserikatan Bangsa Bangsa menggantinya dengan Sustainable Development Goals (SDGs) atau biasanya disebut dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. MDGs merupakan program dengan 8 tujuan yang ingin direalisasikan. Sedangkan SDGs memiliki 17 tujuan utama dan 169 target yang lebih luas dan bersifat global sebagai bentuk upaya penanganan problematika ekonomi, sosial, dan lingkungan. Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk mendorong keberlanjutan energi sejalan dengan pengembangan Industri 4.0 dalam skala global. Dengan begitu diperlukan upaya merangkul ekonomi berkembang kebawah untuk menyukseskan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ini. Dari 17 tujuan tersebut, salah satu yang paling penting untuk keberlangsungan kehidupan manusia di dunia ini yaitu tujuan ketujuh. Tujuan ketujuh ini yaitu Energi Bersih dan Terjangkau dengan target terjaminnya penggunaan energi bersih yang berkelanjutan bagi seluruh manusia di dunia ini. Pada tahun 2030 setiap negara berkembang ditargetkan telah memiliki dan memperluas infrastruktur yang mampu menjamin ketersediaan energi bersih. Dengan begitu pertumbuhan lingkungan, baik dalam bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan dapat berkembang dengan baik. 

Berdasarkan dari hal tersebut, diperlukan pengganti dari energi tak terbarukan seperti gas bumi, batubara, dan minyak bumi dengan energi alternatif lainnya untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan. Bentuk dari energi alternatif tersebut yaitu energi terbarukan dan energi baru, dikarenakan dapat menjamin keberlanjutan energi di masa depan dan dampak yang dihasilkan cukup rendah. Indonesia sendiri kaya akan potensi-potensi energi terbarukan dan apabila masyarakat mampu menggunakan energi terbarukan tersebut dengan baik maka akan sangat bermanfaat dan berpengaruh bagi kehidupan umat manusia. Beberapa potensi tersebut diantaranya:

1. Energi Panas Bumi

Energi panas bumi merupakan energi yang berasal dari pemanasan air dan batuan yang terkandung didalam perut bumi. Energi panas bumi ini bisa digunakan sebagai energi alternatif tanpa harus mengurangi penggunaan listrik tingkat nasional.

2. Energi Surya 

Energi Surya juga merupakan salah satu energi terbarukan yang berasal dari sinar dan panas matahari. Karena berasal dari matahari, maka jumlahnya sangat besar dan mampu digunakan sebagai energi alternatif. Energi matahari ini dapat diubah menjadi dua kegunaan, yang pertama yaitu pembangkit listrik tenaga surya dan energi panas matahari yang diaplikasikan pada pemanas.

3. Energi Air dan Angin

Energi air atau hydropower merupakan energi yang dihasilkan dari pergerakan air, gelombang air laut, aliran air serta pasang dan surutnya air laut. Sedangkan energi angin berasal dari gerakan udara tekanan tinggi ke tekanan rendah atau dari suhu udara rendah ke suhu udara tinggi. Dengan adanya gerakan turbin dari energi air dan angin maka energi mekanik yang dihasilkan akan diubah menjadi energi listrik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun