INDONESIA SEBAGAI PERINGKAT KEDUA DUNIA
                                                   PENGGUNAAN TIKTOK
Aplikasi dengan video pendek yang dimiliki oleh ByteDance, TikTok masih menjadi alasan sebagai satu aplikasi jejaring sosial paling populer di dunia pada 2021 ini, termasuk di Indonesia. Dari data analisis yang ada penggunaan tik tok di indonesia mencapai 113 juta orang per 23 April 2023. Penggunaan tik tok di indonesia sangat digemari oleh anak-anak sampai orang dewasa bahkan sekarang anak dibawah umur sudah bisa mengenal aplikasi tiktok.Usia pengguna TikTok di Indonesia dapat dilihat digambarkan bahwa rentang usia 18 -- 24 tahun menjadi usia pengguna TikTok terbesar, yaitu sebesar 50 juta pengguna, usia 25 -- 34 tahun dengan jumlah 44,5 juta pengguna, usia 35 -- 43 tahun dengan jumlah 12 juta pengguna, usia 35 -- 43 tahun dengan jumlah 12 juta pengguna, usia 65 tahun ke atas dengan jumlah 2,55 juta pengguna, dan usia 13 -- 17 sebagai pengguna TikTok terendah dengan jumlah 500 ribu pengguna (Udesco 2023).anak-anak sangtlah menyukai tiktok dikarenakan hiburan.selain sebagai hiburan tik tok juga sebagai bisnis e-commerce yang dapat menghasilkan uang tanpa keluar dari rumah. indoesia juga sebagai penggun terbesar bisnis e-commerce tiktok di tiktok shop. Konon, perusahaan di bawah naungan ByteDance ini menargetkan penjualan hingga 20 miliar dollar AS lebih atau nyaris Rp 300 triliun dari TikTok Shop. Target itu kabarnya bakal meningkatkan pertumbuhan nilai barang dagangan bruto (gross merchandise value/GMV) atau nilai barang yang dijual di TikTok Shop. Dengan adanya tik tok shop banyak dari kalangan toko- toko offline yang sepi penjualanya,dengan begitu sempat adanya demo pada para penjual toko-toko offline sampai-sampai tiktok shop pernah ditutup oleh pihak tiktok selama 2 bulan dari bulan oktober sampai desember.karena menurut beberapa artikel tiktok shop memiliki beberapa faktor diantara lainnya disebut sebagai persaingan yang tidak sehat,perlindungan konsumen,isu keamanan data,dampak ekonomi dan sosial.Menurut pemilik TikTok, pasar Asia Tenggara utamanya Indonesia, menjadi pasar yang diandalkan perusahaan untuk mencapai target penjualan TikTok Shop tersebut. Pasalnya, banyak pengguna di Indonesia menjual dan memamerkan aneka produknya di TikTok Shop melalui belanja langsung (live shopping) atau siaran langsung (live streaming). Dengan adanya live shopping pembeli banyak yang minat dibanding hanya foto karena dapat melihat detail dengan jelas. Kalangan masyarakat lebih memilih membeli secara online dikarenakan harga online lebih murah dibanding offline dan tidak perlu keluar rumah.Menurut laporan Populix bertajuk "The Social Commerce Landscape in Indonesia", TikTok Shop menjadi platform media sosial yang paling sering digunakan untuk berbelanja online di Indonesia. Jumlahnya mencapai 45 persen. Angka itu mengalahkan penggunaan media sosial lain untuk belanja online, seperti di WhatsApp (21 persen), Facebook Shop (10 persen), dan Instagram Shopping (10 persen), shopee. Tetapi dengan pupolitasnya tiktok membawa pengaruh negatif terhadap gaya hidup dan standart sosial.TikTok, dengan algoritma For You Page (FYP)-nya, mendorong pengguna untuk terus berkreasi dan menonjol di antara lautan konten lainnya. Bagi banyak orang, tampil di FYP menjadi tujuan utama karena dapat mendatangkan popularitas instan.dengan demikian orang menjadi ketergantungan terhadap tiktok serta memiliki sisi gelap yang begitu banyak pengguna tiktok  ingin selalu tampil sempurna dan tidak ingin ketinggalan trend yang ada,serta banyak anak-anak yang dibawah umur mengikuti gaya orang- orang yang tidak pantas ditiru.Cara mengatasi dampak negatif ini ialaha Penting untuk menetapkan batasan dalam penggunaan media sosial dan fokus pada aktivitas yang mendukung kesejahteraan mental,Mengembangkan hobi di luar dunia digital dan menjaga komunikasi yang sehat dengan orang-orang terdekat juga dapat membantu mengurangi dampak negatif dari tekanan media sosial. (Muhammadi Hikmal) Dengan adanya sebuah tiktok kita bisa lebih tau tentang berita yang lagi viral dibanding televisi oleh karena itu kalangan orang-orang lebih memilih menggunakan aplikasi tersebut dibanding menonton televisi.selain memliki dampak negative tiktok juga memiliki dampak positif bagi masyarakat salah satunya dapat mengurangi penggaguran dan anak-anak dibawah umur juga sudah bisa mencari uang sendiri dengan cara membuat video-video lucu seperti seorang tiktokers yang Bernama mazaya dengan memiliki followers tiktok 1,8jt. Awal mula dia menjadi tiktokres ia sering membuat video lucu dengan ayahnya sampai sekarang mazaya juga sering mengcover lagu dan menciptkan sebuah lagu dengan begitu banyak penonton anak-anak sampai orang dewasa yang menyukainya.selain itu ada juga willie salim sebagai orang pertama Indonesia yang masuk dalam peringkat dunia dengan memiliki followers sebesar 57,9jt selain itu willie salim juga memiliki akun media sosial lainnya seperti Instagram dengan followers 12jt dan juga sebagai youtuber dengan subscriber 34,5jt. Selain itu dia juga sering membantu orang-orang yang kesusahan atau yang membutuhkan dengan berbagi-bagi uang,handphone,sembako dll. Dilansir dari podcast denny sumorgo willie salim dikira sebagai anak kolongmerat tetapi willie salim menegaskan bahwa dia bukan anak kolongmerat,bapaknya hanya sebagai pengusaha biasa karena sering sekali memborongan dagangan orang-orang.willie juga aktif dalam membuat konte prank,challenge,bagi-bagi HP,video transisi,dan eksperimen.willie juga dikenal sebagai kekasih tiktokers yang Bernama vilme dia juga sebagai konten creator dengan followers tiktok 53,2jt.vilmei juga aktif membuat video transisi make up,prank,dan berbagi. Tiktok juga sangat memebantu para orang-orang kecil yang memiliki masalah atau masyakarat yang membutuhkan bantuan.ada salah satu akun tiktok yang membantu dan mendukung UMKM akun tiktok yang memiliki rhino Indonesia. Rhino sering sekali membantu UMKM yang sangat membutuhkan contohnya dengan memberikan bantuan  berupa memperbaiki tempat jualan orang yang sangat tidak layak. tetapi pengaruh doktrin tiktok sangtalah berbahaya terumatan dalam tersebarnya informasi yang tidak akurat,karena banyaknya orang yang menyebarkan berita tidak dengan verifikasi data terlebih dahalu. Dengan demikian kita sebagai masyarakat harus bisa memanfaatkan sosial media dengan sebaik mungkin agar bisa mendapat sisi positnya dan informasi yang akurat.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H