Mohon tunggu...
Wiwin Kusrianto
Wiwin Kusrianto Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa Doktor Ilmu Pendidikan

Guru di SMP Negeri 2 Wonggeduku

Selanjutnya

Tutup

Filsafat Pilihan

Nilai Filosofis pendidikan dalam membangun Pendidikan

29 Desember 2024   06:09 Diperbarui: 29 Desember 2024   06:09 35
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Filosofis Pendidikan : Bapak Pendidikan Indonesia

PendahuluanPancasila, sebagai dasar negara Indonesia, memiliki nilai-nilai filosofis yang mendalam dan relevan untuk membangun sistem pendidikan yang holistik dan bermakna. Pendidikan bukan hanya tentang transfer ilmu pengetahuan, melainkan juga pembentukan karakter, moral, dan etika generasi penerus bangsa. Dalam konteks ini, Pancasila hadir sebagai landasan ideologis yang mampu memberikan arah dan tujuan yang jelas bagi pendidikan di Indonesia.

Sebagai falsafah hidup bangsa, Pancasila mencakup lima sila yang saling terkait, mencerminkan nilai-nilai universal yang dapat diterapkan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Sila pertama hingga sila kelima mengajarkan nilai-nilai keimanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sosial. Nilai-nilai ini menjadi pilar penting dalam menciptakan sistem pendidikan yang tidak hanya berorientasi pada keberhasilan akademik, tetapi juga pada pembentukan manusia Indonesia seutuhnya.

Pancasila sebagai Fondasi Filosofis Pendidikan

Ketuhanan yang Maha Esa
Sila pertama dalam Pancasila menekankan pentingnya nilai-nilai spiritual dalam kehidupan manusia. Dalam konteks pendidikan, hal ini berarti memberikan ruang bagi peserta didik untuk mengembangkan aspek keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pendidikan yang berlandaskan sila pertama ini berupaya menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran nilai-nilai agama dan moral universal.

Implementasinya dapat dilakukan melalui mata pelajaran agama, pembiasaan ibadah di sekolah, serta integrasi nilai-nilai spiritual dalam berbagai aktivitas pembelajaran. Dengan demikian, pendidikan tidak hanya membangun kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan spiritual yang menjadi fondasi moral setiap individu.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Sila kedua menekankan pentingnya penghormatan terhadap hak asasi manusia dan pengembangan nilai-nilai kemanusiaan. Dalam sistem pendidikan, hal ini diterjemahkan sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai keadilan, toleransi, empati, dan penghargaan terhadap perbedaan. Pendidikan harus menjadi sarana untuk menciptakan individu yang menghormati martabat sesama manusia.

Kurikulum dan kegiatan ekstrakurikuler dapat dirancang untuk memperkuat nilai-nilai kemanusiaan, seperti kegiatan sosial, program kesadaran lingkungan, dan pelatihan keterampilan sosial. Dengan demikian, peserta didik diharapkan dapat menjadi individu yang adil, beradab, dan peduli terhadap sesama.

Persatuan Indonesia
Sila ketiga mengajarkan pentingnya persatuan dalam keberagaman. Dalam konteks pendidikan, hal ini berarti membangun rasa cinta tanah air, kebanggaan sebagai bangsa Indonesia, dan pengakuan terhadap keberagaman budaya, agama, serta etnis di Indonesia. Pendidikan harus menjadi wahana untuk memupuk semangat persatuan dalam keberagaman.

Implementasi nilai ini dapat dilakukan melalui pembelajaran sejarah nasional, pengenalan budaya lokal, serta kegiatan yang mengajarkan pentingnya kerja sama dan solidaritas. Dengan demikian, peserta didik dapat memahami bahwa keberagaman adalah kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan
Sila keempat menekankan pentingnya demokrasi dan musyawarah dalam pengambilan keputusan. Dalam pendidikan, nilai ini diterapkan dengan mendorong partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran, baik melalui diskusi, kerja kelompok, maupun kegiatan organisasi siswa.

Pendidikan yang berlandaskan sila keempat juga mengajarkan pentingnya mendengarkan pendapat orang lain, menghargai perbedaan pandangan, dan mencapai kesepakatan melalui dialog yang konstruktif. Dengan cara ini, peserta didik belajar untuk menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun