Mohon tunggu...
Firman Pire
Firman Pire Mohon Tunggu... Guru - Pendidikan adalah jalan untuk memanusiakan manusia

Untuk Hari esok yang lebih baik

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menagih Janji "Komandan"

18 Juni 2013   04:14 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:51 165
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) mulai hari ini serentak dilaksanakan di beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Selama dua hari, 18 s/d 19 Juni 2013 ribuan calon mahasiswa baru berebut tempat untuk menempuh pendidikan di kampus negeri. Sampai Saat ini masyarakat masih menganggap bahwa kampus negeri merupakan pilihan terbaik untuk masa depan anak-anak indonesia.

Khusus di Sulawesi Selatan, penerimaan mahasiswa baru kali ini terasa lebih spesial. betapa tidak, Gubernur Sulsel terpilih bapak Syahrul Yasin Limpo dalam kampanyenya beberapa bulan yang lalu sebelum pemilihan menjanjikan SPP Gratis untuk seluruh mahasiswa baru selama 2 semester atau tahun pertama. Sebuah terobosan baru dalam dunia pendidikan yang perlu diapresiasi mengingat hal tersebut memberi rangsangan yang luar biasa kepada anak-anak muda sulawesi selatan untuk melanjukan pendidikan ke level yang lebih tinggi.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, beredar kabar bahwa kebijakan tersebut tidak diberlakukan untuk semua mahasiswa baru. ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh calon penerima SPP Gratis. Salah satunya adalahharus kuliah di jurusan dengan Akreditasi A dan B. di luar dari itu, SPPnya tak akan ditanggung. Hal inilah yang membuat resah beberapa kalangan, menurut mereka apa yang disampaikan Gubernur terpilih pada  saat kampanye lalu yaitu tidak membatasi penerima SPP Gratis ini. Yang jelas seluruh mahasiswa baru akan di gratiskan SPPnya selama 2 semester.

Sebagian masyarakat juga mulai mempertanyakan mengenai mekanisme pembayaran SPP Gratis ini. karena kuliah perdana calon mahasiswa baru sebentar lagi akan dimulai. secara otomatis sebelum mahasiswa baru tersebut belajar, mereka diharuskan membayar SPP dahulu.

Kita hanya bisa berharap semoga kebijakan ini segera terealisasi, mengingat kuliah perdana sebentar lagi akan dimulai.....!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun