inovatif di jurusan Ketenagalistrikan. Kegiatan ini merupakan bagian dari program UNNES Lantip, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui praktik mengajar langsung di sekolah.
Kendal, 30 Oktober 2024 - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (UNNES) melakukan kolaborasi dengan SMK N 2 Kendal dalam implementasi modul ajar6 orang Mahasiswa, Arif Nur Cahyo, Maulana Riski Saputra, Arofa' Uriskiah, Hilmy Farras Afif, Nurul Hadi Mustofa, dan Laila Fatika Sari , terlibat dalam pengembangan modul ajar yang berfokus pada dasar-dasar kelistrikan dan Sistem Refrigerasi dan Tata Udara. Dalam era industri 4.0, keahlian di bidang ketenagalistrikan semakin penting, dan SMK N 2 Kendal berkomitmen untuk mempersiapkan siswa agar siap menghadapi tantangan di dunia kerja.
Modul ajar yang diterapkan mencakup teori dan praktik, memberikan siswa kesempatan untuk belajar secara interaktif. Metode pembelajaran ini dirancang untuk melibatkan siswa secara aktif, baik melalui diskusi kelompok maupun praktik langsung di laboratorium. Dengan pendekatan ini, siswa tidak hanya memahami konsep dasar tetapi juga memperoleh keterampilan praktis yang relevan dengan kebutuhan industri.
Respon positif dari siswa dan guru menunjukkan bahwa penggunaan modul ajar ini telah memberikan dampak signifikan dalam proses pembelajaran. Siswa merasa lebih percaya diri dan termotivasi dalam melakukan praktik, serta menunjukkan peningkatan keterampilan teknis yang diperlukan dalam bidang ketenagalistrikan.
Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan dapat memperkuat kualitas pendidikan di SMK N 2 Kendal serta mempersiapkan generasi muda yang kompeten dan siap menghadapi tantangan dunia industri yang terus berkembang. Program ini tidak hanya meningkatkan keterampilan teknis siswa tetapi juga melatih kedisiplinan dan tanggung jawab mereka dalam belajar.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H