Mohon tunggu...
Blasius Mengkaka
Blasius Mengkaka Mohon Tunggu... Guru - Guru.

Guru profesional Bahasa Jerman di SMA Kristen Atambua dan SMA Suria Atambua, Kab. Belu, Prov. NTT. Pemenang Topik Pilihan Kolaborasi "Era Kolonial: Pengalaman Mahal untuk Indonesia yang Lebih Kuat" dan Pemenang Konten Kompetisi KlasMiting Periode Juli-September 2022.

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Melihat Aquarius di Tengah Malam Nan Gelap

8 September 2024   23:59 Diperbarui: 16 September 2024   13:15 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: SkViewer.

Di malam yang gelap gulita, saya membuka aplikasi SkyViewer dan mengamat langit malam yang sedang berada dalam puncak gelap. Tak saya duga malam ini, saya untungan bisa melihat Aquarius di langit malam, pas jam 23.45 Wita melalui SkyViewer. 

Aquarius adalah rasi bintang saya. Seumur hidup  baru malam ini saya melihat bintang saya. Saya dibantu oleh aplikasi SkyViewer tentu saja.

Aquarius biasanya muncul di malam gelap. Pas langit malam sedang alami puncak gelap. Rasi bintang saya Aquarius berada di puncak  ketinggian, di atas kepala pada titik langit tertinggi. 

Aquarius terletak di lautan langit malam nan gelap. Aquarius adalah air di lautan surgawi. Di dalam lautan surgawi ada Cetus (Paus), Pisces (ikan), Eridius (sungai) dan Pisces Austerinus (ikan selatan). Lengkap sudah adanya Aquarius sebab di sampingnya ada Fomalhaut, bintang paling terang di zone Aquarius.

Aquarius digambarkan pria pembawa air sedang menuangkan air ke dalam mulut Pisces Austerinus (ikan selatan). Ini adalah lelucon yang kaya tafsiran sebab ikan tidak minum air.

Di dekat Aquarius adalah planet Saturnus. Aquarius adalah rasi bintang yang kelimpahan air. Kelimpahan air sering membawa berkah tetapi juga sering membawa kutukan. Itu adalah takdir. Semoga saja saya selalu ketiban banyak rezeki dan menjadi pria yang paling beruntung dari antara orang yang beruntung.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun