Mohon tunggu...
Luna Ardelia
Luna Ardelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa aktif Politeknik Negeri Banyuwangi, dari Program Studi Agribisnis, saya memiliki skill mengoperasikan office.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

PERSONAL BRANDING : Kunci Sukses di Era Moderenisasi

29 Desember 2024   17:37 Diperbarui: 29 Desember 2024   17:37 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Personal branding adalah suatu proses membangun, mengelola citra atau reputasi seseorang, baik di dalam bentuk konteks pribadi maupun profesional. Hal ini melibatkan cara individu dalam komunikasi kepada orang lain dan juga menciptakan persepsi positif di mata publik. Dapat diartikan juga, bahwa personal branding adalah upaya untuk menciptakan citra yang menarik, Seperti yang dikatakan oleh Haroen (2014) mendefinisikan personal branding sebagai proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki seseorang, seperti kepribadian, kemampuan, dan nilai-nilai. Tujuannya adalah menciptakan persepsi positif yang dapat digunakan sebagai alat pemasaran.Personal branding perlu dibangun sejak dini, karena realitanya personal branding di era modernisasi ini sangatlah penting untuk menunjang kehidupan yang lebih layak. Di zaman sekarang Ketika seseorang melamar suatu pekerjaan, suatu perusahaan tidak hanya mengacu terhadap CV maupun berkas berkas yang disetorkan, melainkan juga mengacu pada personal branding seorang pelamar tersebut dalam kehidupan real life, maupun di dalam media sosial, karena hal ini dapat meningkatkan kualitas perusahaan tersebut dengan merekrut orang orang yang memiliki reputasi atau personal branding yang baik.


Dari contoh diatas, diketahui bahwa pentingnya personal branding dalam persaingan yang ketat dalam dunia kerja, dengan membangun personal branding atau citra diri yang unik, seseorang dapat menunjukkan keahlian dan juga nilai nilai mereka. Dengan personal branding yang kuat, seseorang lebih mudah membangun jaringan jaringan professional, sebab ketika seseorang dikenal jelas atas keahliannya, maka secara otomatis mereka akan lebih mudah menarik perhatian orang orang yang memiliki minat serupa.

Pentingnya personal branding di era modernisasi adalah investasi dalam bentuk jangka panjang yang dapat memberikan dampak besar bagi karier dan juga kehidupan sosial seseorang. Dengan membangun citra diri yang positif dalam persepsi masyarakat, seseorang tidak hanya meningkatkan peluang karier, tetapi juga menciptakan hubungan yang berarti dengan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk mulai memikirkan bagaimana mereka ingin dipersepsikan oleh dunia dan mengambil langkah langkah yang cukup strategis untuk mewujudkannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun