Mohon tunggu...
john brata
john brata Mohon Tunggu... Captain Pilot / Purnawirawan Perwira Penerbang POLRI - .

Lahir di Bogor tanggal 08 Februari 1941

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Saya Senang Jadi Pilot Perintis!

22 April 2020   17:43 Diperbarui: 22 April 2020   20:26 370
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Capt. John Brata.         

Stay at home itu  anggap sbg introspeksi. Jaman saya  cari duit biasanya schedule terbang Paling gak 2 minggu RON remain over nite, nginap diluar. Persis sampe dirumah ya tidur back to basic ditemani yg bau iler gpp bisa ilang pake mentol  hahaha. 

Pengalaman saya sebagai pilot yang suka terbang log book ada 30.000.flying hrs lebih. Yg resmi diteken Operation Manager. (Malah pilot perintis pasti lebih .Di Irja dulu biasa tuh terbang  140 jam perbulan. 

Bukan dikorupsi yg dikurangi agar jangan di groundedKan menurut aturan maksimum seorang pilot sebulan cuma 100 jam.Dan ingat setahun cuma boleh 1000 jam .. Soalnya di Irja kalo *Petawas* (orang Papua biasa ucapkan pesawat) dua tiga kali gak datang bisa *Backlock* penumpang (pax)  numpuk. makanya jangan disalahkan kalo DHC 6 Twin Otter dr Tanah Merah atawa Mindiptanah dimuat 32 Pax yg max. nya 18  include Crew Ya drpd *Dipanah*hahaha  becanda aza. 

Orang Papua baik baik  kok.  Twin Otter itu *petawas* paling top performance nya dikelasnya. (Lagian muaaaf Twin O bukan buatan ALM. IPTN). Seatnya yg dari terpal bisa dilipat didinding cabin Dan Pax dimuat gelosoran spt paratruper .. Tapi Max. TO Load diperhitungkan *gak  kelebihan berat  atau overload..Pilot waras juga tkut mati donk. 

Yg pushhhhing  Kabandaran  mau dicatat brapa tuh jumlah Pax yang harus dilaporkan. Pax 32 itu muatan Dakota.. Ya akhir nya dibuat 2 X landing lah.Gpp kan landing fee buat N egara juga.  

Balik kisah terbang perintis amat mengasyikan. Papua yang dulu  bernama  Irja amat mengasyikan. Terrainnya menantang. Cakep. Belantaranya seperti perawan yang asli belum diapapakan .Di Irja  kalo mau selamat Jangan terbang  sampai gak bawa Peta atau navigation chart.  

Dan selalu lihat ichart. KaLo cuaca jelek apalagi masuk awan hati2 itu gunung ato bukit *bisa geser Pindah* nabrak petawas kita.Di Irja pilot terbang diantara gunung atau bukit yang tidak lebar. Mepet mepet gitu. 

Landasan yang rata rata "Nemplok" bukan hasil kerjaan traktor tp hasil  *dipacul* rame rame. Panjangnya 500 meters. Kalo hujan jadi sawah. Twin O berubah jadi *ngeluku.

Dibanding Padang Golf Di Jawa mah ya gak ada apapanya. Tapi sebagai Pilot sy suka banget terbang Di Irja Apalagi terbang dengan Twin Otter. Pesawat istimewa banger. (Says log 7000 hrs). 

Emang asyik bener2 jd pilot perintis .Beda dengan pilot salon pilot airline. Sebagai pilot airline after TO check diketinggian yang safe langsung pencet auto pilot tarik mundur pilot seat angkat kaki nangkring tunggu cabin masuk cockpit nawari minum apa. Maunya sih kopi susu..   ....yg susunya seger punya. ....waw.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun