Mohon tunggu...
nofi ludiyati
nofi ludiyati Mohon Tunggu... -

nofi ludiyati, tinggi badan 160, kulit coklat,

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Musik?????

6 November 2010   08:53 Diperbarui: 26 Juni 2015   11:48 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Musik adalah suatu hal yang sudah samgat familiar di telinga kita, dalam kehidupan kita sehari-hari kita sudah sangat akrab dengan yang namanya musik ataupun lagu. Namun tidak semua orang mengetahui seluk beluk musik itu sendiri. Nah karena itu marilah kita belajar mengenai melodi dan irama.

1. MELODI

Melodidisebut juga suara .Melodi ialah rangkaian nada secara tunggal yang terdengar satu-satu.Dari pengertian tersebut  diketahui bahwa melodi terdiri dari nada-nada yang terangkai secara teratur, sehingga membentuk sebuah lagu yang indah. Melodi merupakan  salah satu unsur musik yang sangat penting di pelajari. melodi juga tidak dapat berdiri sendiri, karena apabila musik hanya terdiri dari melodi tanpa iringan musik , maka akan terdengar irama tanpa nada.

Melodi  terdiri dari satu atau lebih frase musik (motif), dan biasanya diulang-ulang dalam lagu dalam berbagai bentuk. Melodi juga dapat digambarkan oleh gerak melodis mereka atau nada atau interval , rentang pitch, dan melepaskan ketegangan, kontinuitas dan koherensi, irama, dan bentuk.

2. IRAMA

Irama adalah urutan rangkaian gerak yang menjadi unsur dasar dalam musik yang berbentuk kelompok bunyi dan diam, dimana panjang pendek bunyu dan diamnya berbeda-beda . Selain mengenal irama kita juga perlu mengenal birama. Birama adalah ayunan rangkaian gerak kelompok yang berlangsung secara berulang dan teratur.Birama itu sendiri ada yang 2/4, 3/4, 4/4, dan 6/8. Biasanya kita membirama dengan menggunakan kedua tangan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun