Mohon tunggu...
Jamil mibror
Jamil mibror Mohon Tunggu... Editor - mahasiswa

jangan berputus asa dari rahmat Allah SWT

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa UIN Malang Melaksanakan KKM-DR di Desa Klampok, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang

24 Januari 2022   23:04 Diperbarui: 24 Januari 2022   23:07 523
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Rapat Tahunan HIPAM Desa Klampok, Singosari/dokpri

Mahasiswa UIN MALANG Melaksanakan KKM-DR di Desa Klampok Kecamatan Singosari Kabupaten Malang.

Dengan mengusung tema "Moderasi Beragama dan Penigkatan Sosial Ekonomi Masyarakat", KKM yang dinamakan kelompok KKM Supra yang kepanjangannya " Sakteruse Panggah Keluarga". Bertempat tinggal di salah satu rumah warga di Desa Klampok, yang mana salah satu anggota dari kelompok Supra. KKM Supra ini terdiri dari lima belas anggota dari berbagai jurusan yang ada di UIN Malang, yang akan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat selama satu bulan dihitung mulai dari 27 Desember 2021 sampai 27 Januari 2022.

Mewakili dari kelompok KKM Supra, Jamil Mibror memaparkan, bahwasanya KKM-DR adalah salah satu program yang diadakan Kampus yang bertujuan untuk merealisasikan salah satu dari Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu tentang Pengabdian Masyarakat dan KKM ini dilaksanakan oleh mahasiswa yang sedang menempuh kuliah di semester 5 pada saat liburan.

Salah satu kegiatan mahasiswa KKM-DR UIN Malang yaitu mengikuti kegiatan Rapat Tahunan HIPAM di desa Klampok RW 02 yang diikuti oleh warga RT 01-03, bertempat di Balai Desa Klampok.

Lebih lanjutnya disampaikan oleh Jamil, bahwa Rapat Tahunan HIPAM ini dihadiri kurang lebih 100 warga, yang mana serangkaian acaranya adalah pelaporan pertanggung jawaban pengurus HIPAM kepada warga RW 02, selain itu juga ada sesi tanya jawab terkait kinerja pengurus serta kritik dan saran untuk kedepannya agar HIPAM lebih baik lagi, dan diakhir acara panitia membagikan dooprize kepada para warga sesuai nomor undian.

Jamil memaparkan bahwasanya teman-teman KKM Supra ikut berpartisipasi dalam persiapan kegiatan mulai dari berkoordinasi dengan pengurus HIPAM, kemudian survey tempat, mendekorasi tempat, pembuatan surat untuk warga di RW 02, serta membuat kuesioner kepuasan warga terkait HIPAM dan Pengurus HIPAM. Adapun saat pelaksanaan kegiatan, teman-teman berpartisipasi sebagai pembawa acara, pendataan kehadiran warga, membagikan konsumsi, nomor undian untuk doorprize, serta poster terkait HIPAM. Tak ketinggalan pula penginputan hasil kuesioner kepuasan warga terkait HIPAM dan kinerja pengurus. Dan pada akhir kegiatan mahasiswa membantu dalam membersihkan serta merapikan kembali tempat kegiatan.

Demikian pemaparan kegiatan rapat tahunan HIPAM di RW 02 di desa Klampok kecamatan Singosari Kabupaten Malang, yang berjalan lancar dan banyak pembelajaran bagi kami semua sebagai Mahasiswa KKM Supra yang mengabdi di masyarakat desa Klampok.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun