Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Antara Komjen Budi Gunawan dengan Irjen Djoko Susilo Akan Dimiskinkan KPK

14 Januari 2015   14:54 Diperbarui: 17 Juni 2015   13:10 917
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Penetapan tersangkaCalon Kapolri Tunggal Komjen Budi Gunawan yang diusulkan Presiden Joko Widodo ke DPR merupakan sebuah pukulan telak yang menampar Jokowi. Tepat kemarin pada saat konferensi pers yang dilakukan langsung oleh Ketua KPK Abraham Samad bersama wakil ketua KPK Bambang Wijayanto mengumumkan secara resmi status menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka menerima gratifikasi atau suap di mana perbuatan tersebut bertentangandenganPasal 12 huruf a atau b, Pasal 5 ayat 2, Pasal 11 atau 12 B Undang-undang Tindak Pidana Korupsi.

Pada saat konfrensi pers para awak media tak menduga bahwa konfrensi pers tersebut akan terkait dengan pengumuman penting penetapan status tersangka Komjen Budi Gunawan akan tetapi lebih mengira konferensi tersebut terkait denga penunjukan juru bicara baru KPK yang menggantikan Johan Budi yang diangkat menjadi Deputi sehingga pada saat itu para awak media berteriak dan tersentak.

Analisis Politik

Penetapan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka dianggap sangat bernuansa politis karena penetapan tersebut diumumkan oleh KPK bersamaan dengan jadwal fit and proper test Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri di DPR yang diusulkan oleh Presiden sehingga menimbulkan kesan bahwa KPK sudah memasuki wilayah politik praktis karena penetapan tersangka tersebut dilakukan pada saat Komjen Budi Gunawan akan diangkat menjadi kapolri dan dugaan pasal gratifikasi yang dialamatkan kepadanya tanpa didahului pemeriksaan saksi dan sudah banyak pejabat ditetapkan tersangka di negeri ini oleh KPK namun proses perkaranya mandek tidak jelas bahkan terkatung-katung seperti halnya Suryadarma Ali dan lain-lain.

Munculnya nama Komjen Gunawan sebagai calon Kapolri diduga berkat permintaan Mantan Presiden RI Megawati. Seperti diketahui Komjen Budi Gunawan pernah menjadi ajudan presiden semasa pemerintahan Megawati sehingga ada upaya politis untuk menjatuhkan Jokowi dengan tindakan KPK menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka.

Persoalan rapor merah yang diungkapkan Ketua KPK Abraham Samad bahwa budi Gunawan masuk rapor merah jika hal tersebut yang terjadi, kini saatnya KPK menetapkan status tersangka kepada semua calon menteri yang pernah dinyatakan rapor merah. Jangan sampai penetapan Budi Gunawan sebagai tersangka adalah bagian dari proses kriminalisasi yang dilakukan KPK yang berujung pada perseteruan Buaya VS Cicak Jilid III.

Status penetapan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka sangat mendadak dan kemungkinan keputusan KPK ini dilakukan karena kekhawatiran jika Komjen Gunawan menjadi Kapolri maka KPK akan mengalami kesulitan di kemudian hari.

Analisis Hukum

Equality before the law artinya semua orang sama kedudukannya dalam hukum karena KPK jika memang memiliki bukti yang kuat untuk menetapkan seorang berstatus tersangka karena perkaranya sudah masuk pada tataran penyidikan jika selama ini penegakan hukum yang dilakukan aparat penegak hukum mendapatkan adigium tajam ke bawah tumpul ke atas maka lain halnya dengan KPK penegakan hukumnya tajam ke atas tumpul ke bawah.

Speed of Trial proses penegakan hukum kepada Budi Gunawan harus dilakukan secara cepat oleh KPK jangan sampai status tersangka ini hanya terkatung-katung tanpa kejelasan sehingga bertentangan dengan hukum acara peradilan yang cepat.

Secara administrasi penunjukan Komjen Budi Gunawan sebagai calon kapolri sudah sesuai prosedur di mana proses seleksi sudah dilakukan Komisi Kepolisian Indonesia (Kompolnas) dan mengusulkan beberapa nama kepada presiden namun Komjen Budi Gunawan lah yang dipilih Presiden dan ini sudah tepat karena pemilihan Kapolri dan jaksa agung hak prerogatif presiden sebagai kepala negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun