Perkembangan Teknologi yang begitu pesat, serta perubahan peradaban yang memasuki Era AI (Artificial Intelligence), mengakibatkan konsekuensi perubahan kerja didalam Perusahaan dan bisnis, akibat perubahan sumber daya dan cara kerja yang begitu cepat, maka Perusahaan maupun sektor Bisnis lainnya terpaksa mengikuti perubahan yang terjadi jika ingin tetap Perusahaannya  bertahan dan survive ditengah gempuran Teknologi yang terjadi didalam berbagai sektor.
Perusahaan pun pada akhirnya akan merekrut karyawan dengan Core skill yang mereka butuhkan untuk Survive, menurut penelitian The Future Jobs Survey, World Econimic Forum (WEF) 2023, ada beberapa Core skill yang harus dimliki seorang karyawan atau pekerja didalam perusahaan yakni Cognitive skill, Engagement Skill, Ethics, Management Skills,Physical abilities, Self-efficacy, Technology Skills,dan working with others.
Core Skill ini tentunya sangat dibutuhkan oleh Perusahaan saat ini dan bebrapa tahun kedepannya, karena Skill ini akan sangat membantu Perusahaan dalam meningkatkan Kinerja organisasinya dan membuat Perusahaan akan mampu bertahan ditengah gempuran AI yang begitu pesat, dan Skill masa depan ini akan menjadi Jobs atau Profesi yang sangat dibutuhkan berbagai Perusahaan didunia.
Dan hal ini telah diungkapkan dalam World Economic Forum (WEF) Tahun 2023 yang lalu, World Economic Forum merupakan Forum international dunia yang diadakan setiap tahun dan mempertemukan kurang lebih 3000 Pemimpin dunia maupun Pimpinan Perusahaan/Korporasi Global.
Berikut ini akan diuraikan Skill masa depan yang dperlukan perusahaan-perusahaan besar dan Skill ini akan Menjadi sebuah Jobs atau Pekerjaan masa depan yang akan Direkrut Perusahaan-Perusahaan Besar Dunia.
- Analytical Thinking
- Creative Thinking
- Resilience, flexibility and agility
- Motivation and Self-awareness
- Corriosity and lifelong learning
- Technological Learning
- Dependability  and attention to detail
- Emphaty and active listening.
- Leadership and social Influency
- Quality controlÂ
- System Thinking
- Talent management
- Service orientattion and costumer service
- Resource Management anad operations
- AI and Big data
- Reading, writing, and mathematics
- Design and user experience
- Multi lingualism
- Teaching and mentoring
- Programming
- Marketing and media
- Networks and cybersecurity
- Enviromental stewardship
- Manual dextery, enduranece and precision
- Global citizenship
- Sensory-processing abilities
Dari 26 skill yang akan bertranformasi menjadi profesi baru atau jabatan didalam perusahaan, maka sebaiknya pada saat ini jika anda ingi memiliki pekerjaan atau mencari pekerjaan dimasa datang maka kuasai beberapa skill diatas yang tentunya jika anda memilikinya maka hal ini akan sangant membantu anda untuk mendapatkan pekerjaan, berkut ini klasifikasi skill tersebut.
- Cognitive Skill.
Kongnitif skill pada dasarnya adalah kemampuan seseorang yang terlihat dari pikirannya dan kemampuannya untk berpikir, kemamuan berpikir tentunya penting sekali dimiliki oleh seseorang untuk menjadi bekal atau skill kedepannya, kemampuan kognitif skill ini dapat dllihat antara lain melalui Analitycal Thinking,Creative thinking, system thinkng, reading writing and mathematic,
Kemampuan kognitif sangat dibutuhkan Perusahaan dna hal ini harus menjadi kompetensi bagi pegawai maupun karyawan yang akan bekerja pada sebuah perusahaan
- Engagement skills.
Skill berikutnya yang harus dimiliki adalah kemampuan untuk berinteraksi dua arah atau kemampuan untuk berinteraksi antara produk dan konsumen, karena itu Engagement sangat penting dimiliki karena hal ini akan sangat membantu untuk memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen, sehinggah perusahaan mampu membuat produk maupun berinovasi untuk memenuhi harapan dari costumer.
Engagemen skill dapat berupa Service Orientation and custumers service atau orientasi layanan dan layanan kepelanggan, kamampuan komnikasi dan memberikan pelayanan kepelanggan adalah skill yang tentunya harus dimiliki apalagi jika perusahaan yang ditempati bekerja, bergerak dibidang penjualan produk, seperti menjual produk samrtphone maupun Mobil, kemampuan melayanai dan memenuhi harapan costumer wajib dlakukan ssehingga costumer tidak berpaling kepelanggan lainnya.
- Ethics.