Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Inilah Strategi dalam Mengelolah Ekonomi Kehidupan

1 November 2021   14:04 Diperbarui: 1 November 2021   15:22 72
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber foto: edi abdullah

"Terkadang Pernah ada sesuatu yang rasana berat sekali, namun semuanya bisa dilewati uga, pernah ada sesuatu yang rasanya sangat hancur dan tak akan ada jalan lagi, ternyata semuanya masih baik-baik saja, kita Cuma perlu bertahan dan terus melaluinya, bisa jadi yang buruk hanya dipikiran saja." Edi Abdullah

Hidup memang terkadang berbeda dengan harapan, namun yakinlah Tuhan tidak akan pernah memberikan beban melebihi kemampuan yang kau miliki, karena itu dalam mengarungi kehidupan ini setidaknya kita mampu memahami beberapa aturan didalamnya, demi memudahkan kita menghadapi setiap rintangan yang ada.

Hidup tentunya butuh strategi terkadang jika kita tidak memiliki strategi dalam bermain maka kita bisa saja terjatuh atau kalah demikian ula dalam kompetisi apapun baik dalam bidang olah raga, pendidikan , semuanya butuh yang namanya strategi tanpa strategi bisa saja kita kalah dan terjatuh hinggah tak bisa bangkit lagi, dan tidak ada seorang pun akan menolong kita.

Berikut ini adalah strategi tersebut:

Pertama, Hindari perasaan merasa sudah tidak perlu lagi untuk belajar, perasaan seperti ini tentunya akan menguras kemampuan diri kita yang pada esensinya akan selalu berusaha untuk mengembangkan diri, ketika Rasa tidak perlu lagi belajar muncul dalam diri,maka hal ini akan membuat diri kita tidak mau lagi untuk belajar yang berakibat pada keengganan untuk baradaptasi dan melakukan perubahan diri, dan kalau hal ini muncul maka disinilah awal kekalahan itu terjadi, yang lain jadi pemenang disisi lain kita End Games.

Kedua, usahakan tidak mengandalkan satu income saja, prinsip berikutnya adalah jangan terlalu mengandalkan satu pendapatan saja, mulailah kehidupanmu untuk mencari dan mendapatkan pendapatan dari berbagai hal, karena jika hanya satu pendapatan maka ketika pendapat itu sudah tidak ada lagi maka Anda akan mengalami kesusahan untuk melanjutkan kehidupan, laksana meja yang ditopang satu kaki dan meja yang ditopang 4 kaki, maka Meja yang ditopang satu kaki ketika penopangnya roboh maka meja tersebut akan roboh juga namun jika meja terseeut ditopang 4 penopang maka ketika satu patah maka meja tersebut tetap bisa berdiri dengan penopang yang lainnya.

Ketiga, hindari jagan sampai pengeluaran lebih besar daripada pendapatan, hal ini penting sekali dalam pengelolaan ekonomi , terkadang kita hanya mengandalkan pendapatan semata, namun jika pengeluaran melebihi pendapatan maka hal tersebut akan berdampak besar kondisi keuangan, disinilah kita terkadnag terjerat istilah taggal tua, karena itu sebagai orang gajian maka kita harus mampu mengelolah ekonomi keluarga jangan sampai pengeluaran lebih banyak daripada pendapatan, hindari gaya-gayaan konsumptif yang justru menyengsarakan kondisi ekonomi dan kehidupan.

Keempat,menjadikan uang bekerja untuk kita, prinsip ini paling sering digunakan para pebisnis hebat dan sukses, menurut prinsip ini jangan pernah mencari uang namun buat uang yang emncari Anda dan bekerja untuk Anda, dalam artian buat sebuah pola dalam hidup ini uang berputar menghasilkan uang untuk Anda, dnegan cara seperti misalnya menjadi pebisnis atau memualai usaha, memang terkadang sulit namun hampir semuah pebisnis hebat pernah mengalami yang namanya kegagalan.

Kelima, jangan pernah takut untuk memulai, prinsip berikutnya adalah kita harus memiliki keinginan untuk memulai, jangan takut untuk memulai apapun, meskipun terkadang dibayangan kita dan orang lain hal ini mustahil, namun jangan berhenti akan hal tersebut mulailah untuk melangkah dan kalaupun gagal tak mengapa daripada tidak pernah melangkah justru gagal,karena tidak berani untuk mengambil sikap.

Salam bahagia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun