Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Cara Jitu Mengendalikan Emosi, Pasti Bisa

2 April 2021   13:22 Diperbarui: 2 April 2021   13:38 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Didalam diri manusia ada kekuatan yang sangat Dahsyat, karena itu taklukka dia, jika tidak binasalah jadinya, dialah Nafsu" Ajibon 1982

 Manusia tentunya memiliki kesempatan dalah hidupnya untuk meraih apa yang dia impikan, hidup adalah pilihan , pilihan yang berada ditangan kita sendiri, semuanya ada pada dirimu jikapun engkau berpikir maka semua persoalan yang muncul dan terkadang menjadi beban dalam hidupmu, tidaklah mampu memghancurkan mimpimu jika engkau menyadari kemampuanmu untuk mengendalikan dirimu.

Salah satu hal yang paling berat saat ini adalah menaklukkan emosi yang kita miliki, emosi memang bagus namun Sadarkah kita bahwa Emosi sejatinya selain bermanfaat bagi kita sebaliknya justru bisa memberikan juga mudarat.

Emosi laksana benteng liar jika tidak bisa ditaklukkan maka kemungkinan dia akan menyerangmu dan bisa melukaimu bahkan membuatu binasa, Emosi mampu menutupi cahaya kebenaran akal ,membutakan mata, mamatikan rasa dihati.

Emosi yang tak terkendali akan megantarkan kita kepada kebinasaan hidup dan kesia-siaan, untuk itu maka melalui tulisan ini kita akan membongkar rahasia cara mengendalikan emosi, dan berikut ini adalah Tipsnya:

Pertama, Duduklah. Jika engkau emosi maka langkah permata yang harus anda lakukan adalah mengambil posisi duduk, duduk disini bukan duduk untuk melanjutkan emosi namun duduk untuk membiarkan keseluruhan tubu untuk kembali menjadi tenang.

Tarik nafas yang dalam-dalam, dalam hitungan 7 tarik nafas yang dalam dalam dan kemudian pada hitungan ke  7 tahan nafas dan sesudah itu hembuskan nafas kembali pada hitungan 8, mengolah nafas saat emosi atau marah adalah sangat bagus sekali dan mampu membuat kita kembali untuk menjadi tenang dan tuu berhenti gemetaran

Seain itu cara berikutnya adalah duduk untuk Berpikir pada saat anda emosi maka mengambil posisi duduk snagat bagus sekali untuk mengehtikan tranformasi medan elektrik emosi yang terjadi dalam tubuh, sata duduk inilah kemudian saat yang paling tepat untuk kembali memfungsikan akal atau pikiran, piirkanlah emosi tersebut apa saja dampaknya yang bisa saja ditimbulkan jika perbuatan itu dilakukan, berpikir sebelum bertindak tentunya adalah cara yang terbaik untuk menghasilkan keputusan yang tepat jangan sebaliknya bertindak kemudian sesudah itu baru kemudian berpikir.

Selain itu saat duduk kendalikan ucapan anda, tahan lisan anda sehinggah anda kembali menjadi tenang ,biasanya ketika kita emosi maka ucapan sering tidak terkontrol karena itu cara terbaik untuk menaha emosi adalah menahan ucapan atau perkataan.

Kedua, mandi, ketika emosi melanda anda maka cara berikutnya yang snagat manjur adalah mandi, ketika anda emosi maka mandi akan mampu membuat tubuh menjadi Rileks, saat emosi sejatinya anda berada pada level tertinggi jatidiri manusia yakni api, namun ingat api mampu dipadamkan oleh air, karena itu jika emosi terjadi maka bergegaslah anda untk secepatnya mandi biar aura api kembali menjadi netral.

Ketika ,tidurlah atau berbaringlah ,jika masih saja emosi maka jalan terkahir untuk mangatasinya adalah berbaring,pergilah berbaring, atau tidur dnegan berbaring atau tidur maka aktifita stubuh bisa kembali dinetralkan, posisi berbaring sangat tepat untuk dilakukan dnegan tetap memperhatikan helaiandan hembusan nafas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun