Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Integritas Kepemimpinan

30 Maret 2021   05:25 Diperbarui: 30 Maret 2021   05:34 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Kepemimpinan bukan tentang jabatan anda apa dan sampai kapan namun Kepemimlinan adalah Reputasi yakni apa yang telah andah lakukan"Ajibon-1982

Kita memahami bahwa sejatinya perubaan besar dalam Organisasi maupun bangsa tidak bisa terlepas dari pada peranan seorang pemimpin, siapa yang meyangka ores selatan dahulunya adalah sebuah negara miskin dan negara agraris namun dalam kurun waktu puluhan tahun korea selatan mampu menjelma menjadi negara yang maju dan Negara kuat, semua hal tersbeut tidak lepas dari kepemimpinan Park Chung-Hee.

Demikianlah proses transformasi perubahan dan kemajuan selalu diawali dari pergerakan seorang pemimpin, pemimpin yang memiliki Visi yang kuat, mampu melihat sesuatu dari sudut pandang lainnya dan sudah memiliki intuisi tepat akan seperti apa organisasi maupun bangsa yang dipimpinnya kedepannya.

Namun sadarkah kita bahwa kualitas sebua kepemipinan sejatinya bukan terletak pada jabatan, atribut maupun pangkat yang melekat, seperti yang pernah dikatakan  oleh Dwight D. Eisenhower bahwa "jika anda ingin melihat dan menemukan kualitas kepemimpinan maka dia terletak pada Integritas".

Demikianlah kepemimpinan,Integritas merupakan bagian terpenting dari kepemimpinan itu sendiri, karena sejatinya integrtas akan menciptakan sebuah konsitensi menuju pada perubahan tanpa perubahan yang terjadi jejak kepemimpinan tidka akan pernah terukir.

Integritas kepemimpinlah yang akan menciptakan perubahan dan pengikut, sebuah kepemimpinan sejatinya adalah seni bagaimana tujuan bisa dicapai dan pengikut bekerja keras untuk mewujudkan tujuan tersebut, namun tentunya pergerakan tersebut tidak akan dicapai tanpa integritas dalam kepemimpinan.

Seornag pengikut sejati ada umumnya akan bekerka keras jika dia melihat keteladanan dari pemimpinnya, karena integritas kepemimpinan akan melahirkan Kharisma yang kuat, sehinggah orang akan terkesima dan semakin mengagumi, efek kharisma yang kuat yang membuat seorang pemimpin menjadi dihormati dan membuat pengikutnya yang berjumlah puluhan juta bahkan ratusan juta rela melakukan apapun sesuai kehendak pemimpinyya.

Integritas kepemimpinan adalah modal kuat untuk kesuksesan sebuah tarnsformasi kepemimpinan, Integritas adalah konsistensi antara ucapan , tindakan, niat yang baik yang menyatu dari karakter seroang pemimpin dalam mencaai tujuan bersama demi kemajuan bangsa maupun organisasi kedepannya.

Integrtas kepemimpinan sejatinya mengajarkan seroang pemimpin untuk senantiasa bertindak sesuai dengan perkataannya yang kemudian dipahami oleh para pengikutnya, integritaslah yang kemudian menjadi daya pikat dari seorang Leader untuk menarik kekuatan dari pengikutnya, kepemimpinan yang berintegritas inilah yang menjadi magnet terbesar dari kemampuan seorang pemimpin untuk menciptakan dan melahirkan sebuah proses perubahan yang besar.

Hanya perubahan,Perbaikan, kemajuan , kemakmuran bagi bangsa yag terus ada dibenak seorang pemimpinan yang hebat, seperti kata bijak " Pemimpin Yang hebat adalah pemimpin yang mampu menciptakan sebuah Legacy" Ajibon-1982

Salam Kebahagiaan

Edi Abdullah/PAK 915.1.00057 2018

Widyaiswara LAN RI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun