Mohon tunggu...
FATHUL ARIFIN
FATHUL ARIFIN Mohon Tunggu... -

pelajar uin maliki malang

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Keajaiban dalam Rumah Tangga

12 November 2014   12:46 Diperbarui: 17 Juni 2015   18:00 52
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Ketidak setaraan gender atau perbedaan peran laki-laki dan perempuan di dalam masyarakat, yang di anggap laki-laki itu gagah, kuat dan sebagainya dan sebaliknya perempuan di anggap lemah dan cenderung mengalah.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pembedaan itu. Namun pembedaan karakter tersebut melahirkan tindakan kekerasan. contohnya kekerasan visik yang di lakukan oleh suami terhadap istrinya di dalam rumah tangga.

contoh lain adalah peran istri di dalam rumah tanggga, yaitu Pergi ke pasar, memasak sarapan, mencuci pakaian, menyiapkan anaknya pergi ke sekolah dan berangkat kerja, pulang kerja, menyiapkan makan siang, mencuci piring, istirahat. hal tersebut kewajiban sehari-hari bagi isrti, belum termasuk pekerjaan tambahan lainnya. Ini salah satu bentuk dari ketidak setaraan gender dalam lingkup keluarga, yaitu beban ganda.

di dalam masyarakat pada umumnya sudah di ajarkan dari kecil bahwa perempuan itu harus rajin dalam masak-memasak, bersih-bersih sehinggga pekerjaan di rumah itu urusan isri dan pekerjaan di luar rumah wajib bagi suaminya bukan untuk istri. dengan sebutan inilah terjadi ketidak setraan gender yang semestinya tidak terjadi.

kalau suaminya tidak mampu lagi untuk bekerja, Apa pun pekerjaan yang berada di rumah merupakan tanggung jawab seluruh anggota keluarga sesuai dengan kemampuannya karena pekerjaan itu tidak memandang jenis kelamin mana yang cocok.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun