Mohon tunggu...
Nurhazizah harahap
Nurhazizah harahap Mohon Tunggu... Freelancer - Frelancer

Saya merupakan lulusan S1 Sistem Komputer Universitas Pembangunan Panca Budi, Lahir Di Binjai Pada 16 Maret 2000, Merupakan anak kedua dari 2 bersaudara. Lulus 3.5 tahun dengan predikat Cumlaude.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

5 Alat Medis Zaman Dahulu yang Buat Merinding!

27 Agustus 2022   09:30 Diperbarui: 27 Agustus 2022   09:33 1366
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: sharonlathanauthor.com

Sebagian orang pasti punya rasa takut apalagi ketika hendak pergi ke doker, dengan segala metode dan peralatan yang digunakan oleh dokter bisa membuat orang merasa ketakutan, tapi kalau dipikir-pikir dunia medis zaman dahulu rasanya jauh lebih mengerikan loh, dikarenakan kecanggihan peralatannya belum sepraktis di zaman yang sekarang. Terlebih lagi Pada saat itu di dunia kedokteran belum ada anestesi atau yang sering kita kenal sebagai obat bius untuk menghilangkan rasa sakit saat di bedah. Nah sob Bisa dibayangkan  gimana rasa sakitnya yah.

1. Chain osteotome

Penemu asal jerman yang bernama bernard heine yang merupakan pencipta dari alat medis yang satu ini pada awal tahun 1800. Alat ini digunakan untuk menggergaji tulang pasien yang digunakan dengan cara diengkol secara menual oleh dokter. Meski terlihat sangat mengerikan alat satu ini memenangkan sejumlah penghargaan pada masanya loh.

2.Tongue ecraseur

Sesuai dengan namanya tongue yang artinya lidah, Alat medis yang satu ini digunakan pada awal tahun 1800 an. Alat ini berfungsi untuk mengeluarkan tumor pada lidah. Diujung alat ini terdapat rantai berbentuk lingkaran yang bisa dikencangkan dan dikendurkan. Ujung tersebutlah yang digunakan untuk menjerat bagian lidah yang terdapat tumor dengan dikencangkan hingga tumor tersebut ter iris.

photo: scvltnation.com by :meghan
photo: scvltnation.com by :meghan

3. The Bow drill

Nah sebelum secanggih seperti peralatan dokter gigi saat ini, alat ini berfungsi untuk mengebor bagian gigi yang busuk atau rusak. Alat ini berbentuk seperti busur panah yang bagian ujungnya terdapat besi. Namun jangan salah, pengeboran gigi menggunakan alat ini belum bisa dikatakan berjalan dengan baik, karena resiko infeksi masih bisa terjadi lagi lo.

photo: https://www.ranker.com/
photo: https://www.ranker.com/

4.  Double guillotine

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun