Mohon tunggu...
Gordi Afri
Gordi Afri Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Alumnus STF Driyarkara, Jakarta, 2012. Sekarang tinggal di Yogyakarta. Simak pengalamannya di http://gordyafri.blogspot.com dan http://gordyafri2011.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Salah Paham dalam Berkomunikasi

15 Juli 2012   13:23 Diperbarui: 25 Juni 2015   02:56 2591
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Salah paham itu biasa dalam berkomunikasi. Kalau disadari itu tidak masalah tinggal dimaafkan saja atau diperjelas. Tetapi, kalau langsung ditanggapi boleh jadi terjadi keributan terutama kalau hal itu merugikan lawan bicara. Bisa juga terjadi salah sasaran alias tidak tercapai maksudnya.

Lihatlah model komunikasi di bawah ini.

X: Y..kamu ol dari mana???

Y: Saya dari hp,,,kamu ???

X: Saya ol dari komputer. Maksud saya kamu ol dari rumah atw warnet??

Y: Lohh,,,kalau ol dari hp ya dimana aja bisa dunk......saya di rumah.......
X: Karena bisa di mana2 makanya ditanya....kan bisa z dr kmar mandi

Komunikasi biasa tetapi menjadi luar biasa karena membingungkan kedua komunikastor. Letak kesalahannya pada kata “dari”. Dari menunjuk pada tempat, di juga menunjuk pada tempat. Keduanya sama. Maka jawabannya juga benar. Dari mana? Dari hp. Dari rumah. Dari warnet. Benar semuanya.

Jika ada pertanyaan lanjutan untuk memperjelas maksudnya maka kesalahpahaman bisa diatasi. Maksud kamu bagaimana? Nah....baru ada penjelasannya...dari rumah atau warnet. Atau si penanya melanjutkan penjelasan dari pertanyaannya tanpa menunggu jawaban lawan bicara.

Banyak keributan terjadi karena kesalahpahaman. Andai semua pihak bisa sabar keributan tidak terjadi. Namun, hal ini tidak mudah. Manusia kadang-kadang maen serobot, tidak mau sabar, mau instan. Keberhasilan membangun komunikasi justru tercapai jika ada sikap sabar antara kedua belah pihak.

Komunikasi adalah hal mudah namun menjadi tidak mudah jika tidak dikomunikasikan dengan baik. Salah sasaran bisa menyulut emosi lawan bicara. Jadi, jadilah komunikator yang baik.

PA, 15/7/2012

Gordi Afri

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun