Mohon tunggu...
Inovasi Pilihan

Inilah Mengapa Mobile Marketers Harus Berbahagia dengan Kehadiran Pokemon Go

14 September 2016   22:46 Diperbarui: 15 September 2016   22:01 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp


Kehadiran Pokemon Go yang belakangan menjadi idola dan membuat beberapa pengguna gadget menjadi mendadak gamers telah mengukuhkan bahwa masyarakat telah siap dengan aplikasi user-based locations engagement.Industri seharusnya mampu melihat kesempatan tersebut. Untuk mewujudkan potensi besar dari sebuah perangkat mobile – yakni penggabungan ruang digital dan fisik untuk membawa pengguna ke ruang lingkup suatu produk secara lebih dalam.

Background

Pokemon Goadalah sebuah aplikasi augmented reality yang mengajak penggunanya untuk mencari dan menemukan Pokemon di sekitar lingkungan mereka. Aplikasi augmented reality menggabungkan lokasi fisik dengan experience dalam aplikasi - di Pokemon Go. Dahulu adalah hal yang mencurigakan saat sebuah aplikasi meminta atau bertanya dimana lokasi penggunanyaa saat ini, namun kini perkembangan aplikasi mobile telah menggeser presepsi bahwa jika pengguna bersedia untuk berbagi lokasi dengan aplikasi itu akan membantu mereka untuk berinteraksi dengan baik. Dan fitur inilah yang berhasil membawa Pokemon Go menempati peringkat satu di Play Store dan App Store.

Peluang

Pengguna dan hal yang mereka inginkan dapat dipersatukan dalam sebuah aplikasi mobile yang terintegrasi dengan dunia digital dan fisik. Dan inilah beberapa poin keistimewaan Pokemon Go:

  • Pokemon Goadalah aplikasi yang memiliki pemikiran out of the boxmengambil keuntungan dari berbagai fitur yang dimiliki oleh perangkat mobile
  • Pokemon Goadalah aplikasi yang pada dasarnya berkonsep social experiencehal ini di lihat dari adanya berbagi screenshot dari Pokemon yang ditemukan di media sosial membantu pengguna terhubung satu sama lain, dan memperkuat bahwa permainan layak dimainkan. Juga terdapat nilai kompetitif seperti: berapa banyak Pokemon yang telah tertangkap, poin yang telah terkumpul, dan pertempuran yang telah dimenangkan ditambah dengan adanya fitur yang dapat menghubungkan dengan pemain lain tentu akan menambah nilai adiktif dan membuat mereka datang kembali.
  • Pokemon Goseperti sebuah nostalgia,
  • Ini mungkin bukan bagian penting dari strategi mobile, tetapi nostalgia masa kecil yang sedikit banyak berhubungan dengan Pokemon telah berhasil mendorong adopsi pengguna. Seperti dituturkan oleh Justina Perro seorang Senior Marketing Manager Content, "Magic Pokemon Go berasal dari menggabungkan nostalgia dengan modern berteknologi. Aku merasa seperti aku di bus sekolah di kelas 6 lagi, menonton anak-anak obsesif perdagangan kartu Pokemon. Tapi kali ini, itu semua atas jalan-jalan Boston "

Sri Desi Mulyaningsih

(Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Program Studi Game Technologi Unika Soegijapranata)

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun