Pengertian dan Konsep Evaluasi dalam Pembelajaran
Evaluasi dalam konteks pendidikan adalah proses sistematis yang bertujuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan menafsirkan informasi mengenai pencapaian tujuan pembelajaran. Evaluasi tidak hanya terfokus pada hasil belajar siswa, tetapi juga mencakup efektivitas metode pengajaran dan kurikulum yang diterapkan. Hal ini penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan.
Evaluasi pembelajaran dapat didefinisikan sebagai proses yang dirancang untuk menentukan sejauh mana tujuan pembelajaran telah dicapai oleh siswa. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, evaluasi dilakukan untuk mengendalikan mutu pendidikan dan sebagai bentuk akuntabilitas kepada berbagai pihak terkait evaluasi mencakup beberapa aspek, antara lain:
Pengukuran Pencapaian Tujuan : Mengukur sejauh mana siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Umpan Balik Konstruktif : Memberikan umpan balik kepada siswa mengenai kekuatan dan kelemahan mereka dalam proses belajar.
Identifikasi Kebutuhan Perbaikan : Menemukan area yang perlu diperbaiki dalam kurikulum atau metode pengajaran
Tujuan Evaluasi Pembelajaran
Tujuan dari evaluasi pembelajaran meliputi:
Mengukur Pencapaian Tujuan Pendidikan : Menilai sejauh mana siswa memenuhi standar kompetensi.
Memberikan Umpan Balik : Memfasilitasi perbaikan terus-menerus dalam proses belajar mengajar.