Mohon tunggu...
Ririn Oktivia
Ririn Oktivia Mohon Tunggu... karyawan swasta -

simple and cheerful..never ending for adventurer.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Sepenggal Doa dan Harapan untukmu Indonesiaku

9 Maret 2013   02:00 Diperbarui: 24 Juni 2015   17:05 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Thousands pray for Indonesia. What is the root cause ? Untuk orang-orang yang lebih senang melakukan tindakan anarkis, represif, mengedepankan emosi, dari pada menggunakan otak mereka secara cerdas untuk duduk bersama, mencari akar masalah, menyelesaikannya dengan cara yang baik. Dan juga untuk segelintir orang-orang yang mempunyai otak cerdas, menyandang gelar sarjana, master, doctor, ahli dan sebagainya dibelakang nama mereka namun menggunakannya untuk mementingkan, memperkaya diri sendiri dan kelompoknya.
Bukankah bangsa yang besar adalah terdiri dari rakyat-rakyatnya yang cerdas yang bisa saling menghargai, merangkul, menghormati perbedaan. Bukankan pelangi itu nampak indah di atas sana karena terdiri dari warna-warna yang berbeda yang saling bersatu membentuk gugusan yang sempurna untuk kita nikmati.
Sudah kita ketahui bersama bahwa Indonesia secara geografis adalah negara kepulauan yang terpisah oleh lautan dari Sabang sampai Merauke sana. Kaya akan hasil bumi dan lautnya. Kaya akan cita rasa nusantara. Kaya akan budaya, bahasa, dan adat istiadat. Perbedaan kekayaan yang kita miliki itu seharusnya adalah aset bagi bangsa kita untuk menjadi negara yang maju dan makmur. Yang tentunya adalah membutuhkan kita-kita sebagai rakyatnya yang mempunyai kecerdasan untuk mengelolanya. Saling mengisi, merangkul perbedaan tersebut menjadi sebuah magnet yang besar. Kita harus bekerja sama untuk mewujudkan kemakmuran dan perdamaian.
Saya sedikit miris mengelus dada dan prihatin, akhir-akhir banyak bentrokan yang terjadi, pembunuhan, perceraian, tindak kekerasan, dan rasa aman yang kurang. Kita tahu bahwa tempo hari terjadi bentrokan yang melibatkan anggota TNI dan Kepolisian. Peristiwa ini mengakibatkan kerusakan bangunan yang parah, daerah sekitar sempat mencekam selama beberapa waktu. Dan tentunya adalah korban jiwa. Hal ini sangat disayangkan jika akar masalahnya konon hanyalah masalah pribadi. Terkesan konyol bukan ?
Selain itu masih banyak kasus-kasus lainnya. Korupsi yang menjerat para petinggi partai dan lain sebagainya.
Apa penyebab semua ini terjadi ... Apakah faktor ekonomi...faktor keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semoga permasalahan yang menimpa bangsa ini semakin cepat selesai dan kita bisa merasakan kedamaian, dan rasa aman jika kita ingin bepergian.
Saya yakin dibalik kekurangannya Indonesia mempunyai kekayaan yang tak ternilai dan indah untuk kita selami bersama.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun