Mohon tunggu...
122Nada Kamilia
122Nada Kamilia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Be Happy Everyday

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Viral!! Mahasiswi Universitas 17 Agustus Surabaya Bantu Branding & Marketing UMKM Kirana Profesional Laundry di Surabaya

30 Juni 2022   23:25 Diperbarui: 30 Juni 2022   23:40 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Usaha UMKM Kirana Profesional Laundry. Dokpri

Pada dewasa ini UMKM memiliki posisi yang sangat strategis untuk memajukan perekonomian suatu daerah hal ini dapat dilihat disetiap daerah di indonesia yang mana UMKM setiap daerahnya semakin banyak selain itu UMKM sendiri mempunyai peran penting dalam suatu daerah untuk menstabilkan kondisi perekonomian daerah. 

Pelbagai usaha dilakukan oleh pemerintah setempat untuk menguatkan serta memajukan UMKM di daerahnya agar para pelaku UMKM bisa menjadi pemicu bagi masyarakat di sekitarnya supaya berkeinginan untuk menbuat serta mendaftarkan UMKMnya tersebut ke Bumdes setempat supaya perekonomian pada daerah tersebut tetap terjaga kestabilannya.

Adapun jenis UMKM yang tersebur di indonesia sangat beragam namun yang paling populer akhir-akhir ini yakni UMKM tentang Kerajinan, Makanan serta Jasa seperti halnya yang dibahas oleh peneliti sekarang yakni memajukan UMKM dalam bidang jasa yakni UMKM Kirana Profesional Laundry yang mana sudah sudah berdiri sejak tahun 2018 dan dalam perjalanannya UMKM Citra Laundy tersebut kerap kali mengalami kendala yang sama yakni mengenai pemasaran,

 hal tersebut senada dengan pendapat Setiawawi pada bukunya yang berjudul "Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Laba Umkm" 

yang menyatakan bahwasannya pada realitas dilapangan kebanyakan UMKM di Indonesia mempunyai permasalahan-permasalahan yang hampir sama antara satu dengan lainnya yakni permasalahan dengan pengetahuan dasar marketing yang disebabkan terbatasnya informasi pemasaran yang diperoleh oleh pelaku usaha UMKM untuk mengembangkan usahanya tersebut.

Peneliti juga sadar bahwasannya Usaha UMKM Kirana Profesional Laundry ini kurang dikenal oleh kalangan masyarakat luas hal ini dibenturkan lagi oleh kenyataan dilapangan lagi bahwa kurangnya minat serta kurangnya pemasaran yang dilakukan oleh pelaku usaha UMKM Cipta Laudry ini menjadikan usahanya tidak dapat menjangkau ke masyarakat luas,

 baik itu karena proses pemasarannya yang kurng efektif maupun belum adanya identitas ataupun logo resmi yang dimiliki oleh usaha UMKM Kirana Profesional Laundry.

Beranjak dari permasalahan-permasalan tersebut maka peneliti yang sudah membuat Branding serta Marketing siap untuk membantu mitra dan juga usahanya saat ini agar bisa terjangkau kepada masyarakat luar serta mempunyai identitas yang khas agar menjadi daya tarik utama para pelanggannya nanti. 

Adapun marketing yang dimaksud oleh peneliti yakni membuatkan akun Bisnis Instagram dan untuk Brandingnya yakni membuatkan Brand Logo resmi bagi usaha UMKM Cipta Laundry.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun