Mohon tunggu...
Muhammad Rifqi Muthahari
Muhammad Rifqi Muthahari Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar/mahasiswa

musik

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Menjaga Imunitas Tubuh Itu Mudah!

20 Oktober 2022   11:50 Diperbarui: 20 Oktober 2022   11:59 88
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

 

Belakangan ini, Anda mungkin sering mendengar istilah imunitas tubuh. Tapi, sudah tahukah Anda apa yang dimaksud istilah tersebut? Secara sederhana, imunitas tubuh adalah kemampuan kekebalan tubuh melawan suatu penyakit.

Sejak lama, para ahli kesehatan membuat penelitian melahirkan berbagai cara agar manusia memiliki imunitas tubuh kuat. Namun, semua cara sejatinya hanya bermuara pada dua cara utama saja.

Pertama, menjaga pola makan. Untuk poin pertama, maksudnya Anda perlu memperhatikan asupan nutrisi harian. Pastikan bahwa makanan dan Belminuman yang Anda konsumsi bukan hanya halal, namun juga bergizi dan terjamin higienis.

Kedua, menjaga pola hidup. Sedangkan poin kedua, maksudnya Anda perlu menghindari perilaku-perilaku yang merusak tubuh. Misalnya merokok, minum alkohol, keseringan begadang, dan banyak lagi. Selain itu, Anda juga harus banyak berolahraga.

Jika kedua poin ini Anda laksanakan, tubuh Anda pasti akan lebih kuat dalam melawan potensi penyakit. Siap melaksanakannya?

Anda mungkin tidak mengetahui secara pasti seberapa kuat sistem kekebalan (imunitas) tubuh. Namun, menurut direktur urusan ilmiah, Ashley Jordan Ferira, Ph.D., RDN, Anda bisa mengetahui sistem kekebalan tubuh dengan beberapa tes ini.

Seperti dikutip Mind Body Green, di bawah ini merupakan cara untuk mengetahui apakah imunitas tubuh Anda dalam kondisi prima:

1. Hitung darah lengkap

"Hitung darah lengkap (CBC) pasti akan menjadi dasar No. 1 untuk melihat apakah ada disfungsi dengan salah satu kelas utama sel kekebalan anda.

Tes ini akan mengukur semua fitur yang berbeda dari darah Anda, termasuk sel darah merah, sel darah putih, trombosit, hemoglobin, dan hematokrit, bagian sel darah putih bisa sangat jelas. Berbagai jenis sel darah putih seperti neutrofil, limfosit, basofil, dapat menjelaskan respons imun Anda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun