Mohon tunggu...
Mirza Gemilang Gemilang
Mirza Gemilang Gemilang Mohon Tunggu... -

Berteman dengan pena dan kertas..

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ajudan Jenderal Juara Pertama Lomba Marching Band

1 Oktober 2014   08:44 Diperbarui: 17 Juni 2015   22:50 264
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hiburan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kejuaraan terbuka tingkat nasional unjuk gelar/display dan konser music harmoni piala Panglima TNI 2014 memasuki babak final.Kejuaraan babak penyelisihan dimulai dari Korwil 4 yang meliputi Yogyakarta, Jawa-Timur, Bali, NTT, dan NTB. Kejuaraan pada tingkat ini diselenggarakan di Surabaya pada 23 Agustus.

Untuk Korwil 3 yang meliputi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan DKI Jakarta dilaksanakan pada 31 Agustus di Jakarta. Kemudian Korwil 5 yang mencakup daerah Kalimantan dan telah dilaksanakan pada 7 September di Banjarmasin. Lalu Korwil 1 di Medan dan Korwil 2 di Palembang. Untuk Korwil 1 dan 2 berasal dari daerah Sumatera dilaksanakan pada 14 September, dan Korwil 6 meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua dilaksanakan di Manado pada 20 September.

Para pemenang lomba yang meraih Juara 1 dan Juara 2 akan mendapatkan dukungan dana pembinaan Rp 10 juta-Rp 15 juta. Dalam kejuaraan yang di buka Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, pada Selasa pagi, 30 September, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap ini, diikuti ratusan peserta dari TNI dan Polri. Di depan Panglima TNI, mereka menampilkan aksi memukau dari berbagai kesatuan seperti Kopassus, Polisi Militer dan Kostrad, serta dari Forum Komunikasi Putera-Puteri TNI/Polri Indonesi (FKPPI). Tim Juri sibuk mondar-mandir menilai atraksi dari para peserta.

Acara ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Ke-69 HUT TNI dengan tema “Bersama TNI, Persatuan Drum Band Indonesia ikut serta Membangun Karakter Anak Bangsa”. Drum band yang didalamnya meliputi marching band, musik harmoni dan military band, bila ditilik dari citra sejarah serta filosofisasinya dapat menjadi bagian pembinaan generasi muda bangsa Indonesia. Secara naratif bahwa mayoritas drum band berbicara tentang hal-hal positif, serta pengaruh sugestif bagi pemberbudayaan karakter maupun sikap mental generasi muda yang lebih berbudaya dan cerdas, serta secara psikologis berefek menentramkan jiwa.

Kemampuan yang dimiliki oleh para personel drum band dapat dipastikan telah sebanding dengan ketekunan dan kedisiplinannya dalam berlatih, disamping adanya motivasi dalam pribadi yang luar biasa kuat untuk maju, berkembang dan berprestasi, yang kesemua out come nyatelah memenuhi drum band sebagai olahraga pendidikan, rekreasi dan prestasi, sebagaimana arah dan tujuan Undang-Undang Nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional.

Para peserta yang memasuki babak final diikuti oleh 20 tim. Mereka terdiri dari empat tim kategori peserta Unjuk Gelar Military Style, yaitu Pusdikzi Bogor, Secapa TNI AD Bandung, FKPPI Banjarmasin dan SMANSA Palembang. Juara pertama Secapa TNI AD Bandung, juara kedua Pusdikzi Bogor dan juara ketiga SMANSA Palembang. Enam tim peserta Unjuk Gelar Umum yaitu Gita Bahari Sampang Madura Jawa Timur, Gita Bersama Tanjung Barat Kuala Tungkal Jambi, SMP Klari Jawa Barat, MB Sinar Husni Medan Sumatera Utara, Marcing Band SMA Kristen 1 Tomohon dan Gita Bahana Multi Karya Banjarmasin.

Juara pertama Secapa TNI AD Bandung juara kedua Pusdikzi Bogor dan juara ketiga SMANSA Palembang.  Juara pertama Gita Bersama Tanjung Barat Kuala Tungkal Jambi, juara kedua MB Sinar Husni Medan Sumatera Utara dan juara ketiga Gita Bahari Sampang Madura Jawa Timur.

Peserta Lomba Musik Harmoni ada 10 tim lomba musik Harmoni yang saat ini memasuki babak final yakni Satsik Mabes Polri, FKPPI Banjarmasin Kalsel, Mabes TNI AL Wilayah Barat, Mabes TNI AL Wilayah Timur, Satsik Kodam Iskandar Muda, Ajendam III Siliwangi, Ajendam II Sriwijaya, Marching Band SMA Kristen Tomohon, Ditajenad, Angkatan Udara Adi Sucipto (pemenang kejuaraan tahun 2013).Akhirnya Juara I di raih oleh Direktorat Ajudan Jenderal Angkatan Darat (Ditajenad), Juara II dari Mabes Polri dan Juara III diraih Kodam Iskandar Muda.

Terkait HUT TNI Ke-69 yang akan diselenggarakan di Surabaya, pada 7 Oktober nanti, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, mengatakan, akan digelar seluruh kekuatan alutsista TNI baik darat, laut dan udara. Hal ini dilakukan sebagai wujud pertanggungjawabanpemerintah kepada masyarakat dan sekaligus sebagai show of force (unjuk kekuatan).

“Iya dong, kita harus pamer kekuatan dong, baik kepada masyarakat di kawasan dan dunia internasional, bahwa TNI memiliki kekuatan yang cukup, jadi jangan macam-macam dengan TNI. Selain itu agar prajurit TNI bangga memiliki TNI,” ujar Panglima TNI.

Panglima TNI juga memiliki harapan yang sama dengan masyarakat terhadap Presiden terpilih Jokowi bahwa pembangunan kekuatan pertahanan dan modernisasi alutsista TNI tetap dilanjutkan kedepan sesuai dengan Rencana Startegis (Renstra) dalam beberapa tahun kedepan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun