Mohon tunggu...
IQBAL_ZF
IQBAL_ZF Mohon Tunggu... Mahasiswa - Stylish

Human with glasses

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Penugasan pun Dapat Menambah Skill

3 Juni 2022   09:24 Diperbarui: 3 Juni 2022   09:35 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Penugasan saya selama satu tahun ini dalam mata kuliah pancasila dan kewarganeraan serta dengan dosen yang terhormat, pak Edy Purwanto memberikan pengalaman tersendiri dalam perkuliahan ini. Pak Edy memberikan kami penugasan yaitu menulis artikel di website kompasiana. Kami juga diberikan tema untuk menulis artikel dan kami juga diberikan tugas pada saat semester 1 yaitu presentasi.

Dalam penugasan yang akan saya bahas yakni penugasan membuat artikel. Dalam penulisan artikel ini saya pertama kali membuatnya. Sebelum-sebelumnya, penugasan di SMA saya kebanyakan di buku tulis. Sedangkan penugasan kali ini adalah menulis artikel kemudian di upload di kompasiana. 

Pertama kali saya merasakan menulis artikel sangat mengejutkan bagi saya. Karena dari konteks untuk menulis artikel harus sesuai dengan tema, harus membuat kata-kata sendiri dan membuat paragraph sendiri. Tentu ini adalah hal baru karena sebelumnya jawaban-jawaban yang saya dapat akan saya cantumkan sesuai seperti jawaban tersebut atau bisa disebut dengan copy paste. 

Jadi saya akan copy kalimat atau paragraph dan kemudian paste kata-kata tersebut. Tetapi dalam penugasan artikel ini, saya sangat tertantang untuk menulis dengan kata-kata saya sendiri. Saya akan menulis artikel tentang sesuatu sesuai tema dan akan saya publish.

Saya menulis artikel dengan tema yang sudah ditentukan. Saya mengambil referensi-referensi dari internet tentang apa yang sesuai tema. Saya mencoba untuk memahami tema yang sudah ditentukan. Saya akhirnya memahami tema yang akan dijadikan artikel dan mulai menulis artikel. 

Dalam penulisan artikel, saya mendapati kendala, yakni seperti saya kadang bingung dalam memikirkan kata-kata yang akan saya tulis untuk artikel saya, kemudian saya terkadang tidak nyambung dengan apa yang saya tulis dengan paragraph sebelumnya, kadang kata-kata yang saya ketik tidak tidak sesuai KBBI atau terdapat kesalahan, dan saya terkadang kehabisan ide untuk menulis artikel. Itu semua kendala yang saya hadapi saat saya menulis artikel.

Dari penulisan ini, saya merasa tujuan dan manfaat saya menulis artikel. Yang pertama manfaat dari penulisan artikel yakni menambah wawasan untuk penulis dan pembaca. Tentu ini hal yang paling utama. Saya menulis tentu saya harus memahami tema yang akan saya tulis. Saya harus memahami, mencari, dan menelusuri apa yang akan tulis sebagai artikel. 

Inilah yang membuat saya menambah wawasan. Kemudian setelah menulis di artikel, saya akan menguploadnya di kompasiana. Orang-orang yang akan mencari tentang tema tersebut akan mencari artikel yang akan saya tulis. Mereka akan membaca artikel saya dan akan menambah wawasan mereka juga.

Yang kedua, dalam penulisan ini saya dapat menambah kemampuan saya dalam menulis. Tentu ini sendirinya akan terlatih. Dalam mencari informasi tentang tema yang akan saya bawakan, saya secara tidak langsung akan melatih bagaimana saya mencari informasi yang sesuai dengan tema, mencarinya dengan runtut dan menyeluruh, dan menyusunnya dengan kalimat kita sendiri. Perlu kita tahu, dengan banyak membaca artikel juga memperkaya kata-kata dalam kamus kita.

Yang ketiga, penulisan artikel akan membuat memori kita dalam menuliskan tema lebih tajam. Karena dalam penulisan artikel ini kita pasti membaca artikel-artikel tentang apa yang harus kita tulis dalam membuat artikel. Setelah kita mendapat artikel dan mulai memahaminya, disitulah proses kita untuk mencerna suatu artikel dan secara tidak langsung melatih ingatan kita menjadi kuat.

Memasuki semester dua, penugasan kali ini sama seperti semester pertama, yaitu tetap membuat artikel. Tetapi ada perbedaan dari penugasan sebelumnya, yakni tidak ada presentasi dan artikel yang akan kita buat harus wawancara dengan narasumber terkait tema yang diberikan. Ini juga kali pertama saya melakukan penugasan membuat artikel dengan mengumpulkan materi langsung terjun ke lapangan untuk wawancara dengan narasumbernya langsung.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun