Berdasarkan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pendampingan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Muhammadiyah 02 Batu yang dilakukan oleh tim pengabdian yang di pimpin oleh ibu Dra. Hj. Lise Chamisijatin, M.Pd sebagai ketua pelaksana dan bu Dr. Yuni Pantiwati, MM, M.Pd  serta bu Dra. Siti Zaenab, M.Kes sebagai anggota pelaksana, kemudian di bantu dengan mahasiswa Moh Irfan Nurhamdani  dan Mohammad Reza Eka Saputra sebagai persiapan administrasi dan ATK.Â
Pengabdian yang telah dilaksanakan dapat membantu para guru di SMP Muhammadiyah 02 Batu sebagai berikut.Â
(1) Sekolah sudah bisa merancang Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, dengan dihasilkan 1 modul P5 kelas 7 dalam semester ganjil dengan memodifikasi modul yang ada. Judul modul tersebut adalah "Pemanfaatan limbah organik (eco enzim) dan anorganik menjadi pot". Modul telah memenuhi kriteria modul yang baik, yaitu memiliki komponen Fase, tema, topik, waktu, Dimensi Profil Pelajar Pancasila, Subelemen yang disasar, Asesmen Diagnostik, Tahap pembelajaran, Hubungan Dimensi, Elemen, dan Sub-Elemen Profil Pelajar. Dilengkapi dengan Time Line Projek Penguatan Profil Pelajar  Pancasila, Asesmen Projek Pengembangan Profil Pelajar Pancasila dan Rubrik Asesmen Sumatif Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Gaya Hidup Berkelanjutan).Â
(2) Sekolah sudah bisa mengimplentasikan Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila pada Pengelolaan Projek, baik pada kegiatan mengawali projek, sepanjang kegiatan projek berlangsung dan kegiatan mengakhiri projek dengan kegiatan yang optimal, tetapi guru belum melakukan refleksi tindak lanjut. (3) Pelaksanaan Evaluasi dan Tindak Lanjut Projek, belum berjalan dengan baik, artinya evaluasi sudah dilaksanakan, data sudah ada tetapi belum diolah menjadi rapor siswa
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H