Mohon tunggu...
Munzilatur Rohmah
Munzilatur Rohmah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Writing a story

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Esensi Nilai-Nilai Literasi dan Semangat Pembelajaran dalam Program Kerja Pojok Baca oleh Mahasiswa KKN-T Unesa di Desa Karas

13 Desember 2023   16:59 Diperbarui: 13 Desember 2023   17:04 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
perbaikan pojok baca (dokpri)

Bertempat di Desa Karas, sebuah langkah diambil oleh kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 02 Magetan untuk meningkatkan minat baca dan literasi di kalangan murid Sekolah Dasar. Dengan tekad dan semangat, mahasiswa merancang dan melaksanakan program perbaikan pojok baca di dua sekolah berbeda, yaitu SDN Karas 1 dan SDN Karas 2. Program ini memiliki fokus utama pada pembenahan pojok baca di tiap-tiap kelas, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. 

Dengan memperhatikan kebutuhan setiap tingkatan kelas, mahasiswa KKN menghadirkan sentuhan kreatif dan inspiratif di setiap pojok baca. Mereka memastikan bahwa setiap sudut ruang kelas menjadi tempat yang mengundang dan memotivasi siswa untuk membaca lebih banyak.

Sebagai bagian dari program, mahasiswa KKN-T 02 Magetan juga membuka kesempatan bagi masyarakat sekitar untuk berkontribusi. Dengan cara menggalang dana dan buku, mereka menciptakan peluang partisipasi aktif dari orang tua siswa, warga desa, dan pihak-pihak lain yang peduli terhadap perkembangan literasi di wilayah tersebut.

proses perbaikan pojok baca di salah satu kelas (dokpri)
proses perbaikan pojok baca di salah satu kelas (dokpri)

Pojok Baca tidak hanya sekadar menghadirkan buku-buku baru, tetapi juga merancang kegiatan-kegiatan menarik yang melibatkan siswa secara langsung. Mahasiswa KKN memberikan perhatian khusus pada keberagaman buku, memastikan bahwa koleksi buku mencakup berbagai genre dan tingkat kesulitan. Hal ini bertujuan untuk memenuhi minat baca yang beragam di kalangan siswa.

Melalui interaksi langsung dengan murid-murid, mahasiswa KKN juga memberikan pembinaan dan dorongan agar mereka dapat lebih memahami dan mencintai dunia literasi. Dengan cara ini, Pojok Baca tidak hanya menjadi ruang fisik untuk membaca, tetapi juga menjadi tempat di mana inspirasi dan semangat literasi tumbuh dan berkembang.

Keberhasilan program ini tidak hanya diukur dari jumlah buku yang berhasil dikumpulkan atau pojok baca yang berhasil diperbaiki, tetapi juga dari perubahan positif dalam minat baca dan pemahaman literasi di kalangan siswa. 

Sesuai dengan keterangan yang diberikan oleh guru melalui angket respon program kerja, menyatakan bahwa dengan adanya perbaikan pojok baca dapat meningkatkan minat baca siswa karena siswa merasa nyaman dengan suasana baru di pojok baca. Dengan adanya kolaborasi antara mahasiswa KKN, sekolah, dan masyarakat, SDN Karas 1 dan SDN Karas 2 kini memiliki pojok baca yang tidak hanya nyaman, tetapi juga memikat, mendorong setiap siswa untuk menjelajahi dunia pengetahuan melalui halaman-halaman buku yang membuka pintu menuju masa depan yang cerah.

perbandingan pojok baca setelah sebelum dan setelah diperbaiki (dokpri)
perbandingan pojok baca setelah sebelum dan setelah diperbaiki (dokpri)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim 02 Magetan mengakui bahwa Program Perbaikan Pojok Baca bukan hanya sekedar proyek fisik semata. Lebih dari itu, program ini dirancang dengan harapan bisa menciptakan dampak positif yang signifikan dalam meningkatkan minat baca siswa dan mengembangkan keterampilan literasi mereka.

Dalam setiap sudut pojok baca yang mereka perbaiki, mahasiswa KKN menanamkan esensi nilai-nilai literasi dan semangat pembelajaran. Mereka tidak hanya merapikan buku-buku dan menyusun rak, tetapi juga menghadirkan suasana yang ramah dan mendukung untuk membaca. Setiap pojok baca dihiasi dengan warna-warni yang menarik, diberi nama yang kreatif, dan dilengkapi dengan kursi dan meja yang nyaman, menciptakan lingkungan yang mengundang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun