Mohon tunggu...
Nur Hudaifah
Nur Hudaifah Mohon Tunggu... -

nama saya adalah nur hudaifah nama panggilan saya adalah ifa. saya lahir di malng pada 06 januari 1993.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Artikel

8 Juni 2014   01:18 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:46 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Masa Awal Kehidupan I (1-4 Tahun)

Bagaimanakah perkembangan anak pada usia 1-4 tahun ini?

Perkembangan merupakan suatu pola perubahan secara progresif organisme baik dalam struktur maupun fungsi (fisik maupun psikis)..

Perkembangan anak pada usia 1 tahun sudah muali belajar untuk berdiri tegak dan bertatih dari satu tempat ke tempat lain. Pada tahap ini seorang Anak menjadi anak yang suka berbicara dan suka melakukan sesuatu, Rasa ingin tahunya semakin tinggi , keterampilannya semakin canggih dan tingkat energinya seperti tidak ada habis-habisnya. anak berumur satu tahun ini merasa puas dengan menganggap segala sesuatu adalah “milikku” dan cenderung meniru permainan dan tingkah laku orang lain yang ada disekitarnya.

Perkembangan anak usia 1 tahun:

a.Perkembangan Motorik

üMerangkak dengan terampil dan cepat.

üBerdiri sendiri dengan kaki terbuka dan kaku, dan tangan direntangkan untuk mendukung keseimbangan.

üMulai melangkah tanpa bantuan

üMelepaskan benda dengan sengaja

üSenang mendorong atau menarik mainan ketika berjalan

üMembawa mainan dari satu tempat ke tempat yang lain.

üSenang mencorat-coret menggunakan krayon atau spidol

üMembantu menyuapi diri sendiri , senang memegang sendok (sering terbalik)

üMemungut benda dan melemparnya berulang-ulang

b.Perkembangan perseptual-kognitif

üPada awal priode ini, anak salalu mencari benda yang disembunyikan ditempat yang sama (jika anak melihat pada waktu benda tersebut disembunyikan). Lama kelamaan, anak akan mencari ditempat yang berbeda.

üMemindahkan benda ketangan yang lain bila diberi benda kedua

üMampu memegang tiga atau empat benda dengan menyingkirkan satu benda ketika diberi mainan baru.

üSenang melihat-lihat buku bergambar

üMemamerkan atau menawarkan mainan untuk dilihat oleh orang lain.

üMenyebutkan nama benda sehari-hari atau nama hewan

üMeletakkan beberapa benda kecil kedalam wadah atau botol dan kemudian menumpahkannya kembali

üMerespon dengan gerakan wajah tetapi belum bisa benar-benar meniru ekspresi wajah orang lain.

Perkembangan berbicara dan berbahasa anak usia 1 tahun

üMengucapkan kata dan bunyi membentuk seperti pola ucapan(yang mengalami perubahan)

üMelakukan arahan sederhana: “mana papa cangkirnya.”

üMenunjuk pada seseorang, binatang atau mainan yang dikenalnya ketika ditanya.

üMemahami 3 bagian tubuh ketika seorang bertanya ;”mana hidung(jari kaki,telinga) adek?”

üMenyampaikan benda dan aktivitas yang diiinginkannya dengan mengatakan “da-da:’kue” ;permintaan lisan biasanya disertai gerak tubuh yang konsisten.

üMerespon pada pertanyaan sederhana dengan “ya” atau “tidak” dan gerakan kepala yang sesuai.

üMengucapkan kata-kata yang 25 sampai 50 persen dapat dimengerti selama periode ini.

üMenunjukkan letak benda yang dia kenal sesuai pertanyaan(jika anak tahu lokasi benda).

üMemperoleh dan menggunakan 5-50 kata, biasanya kata-kata ini mengacu pada binatang, makanan, dan mainan.

üMenggunakan gerak tubuh, seperti menunjuk atau menarik atau mengarahkan perhatian orang dewasa.

üMenyukai sajak dan lagu, mencoba untuk ikut menari sambil menari.

üNampak sadar akan aspek timbal balik dari percakapan yang saling berbalas, ikut memberi tanggapan pada bentuk pertukaran vokal lain, seperti bersuara atau menirukan suara.

Perkembangan personal-sosial

üTetap ramah terhadap orang lain, biasanya tidak terlalu khawatir lagi terhadap orang asing.

üBermain sendiri dalam jangka waktu yang pendek.

üMenirukan tingkah laku orang dewasa saat bermain (Rusher, cross& ware,1995).

üSenang mendapat perhatian dari orang dewasa, senang apabila ada orang dewasa didekatnya, memberinya pelukan dan ciuman.

üMengenali dirinya sendiri lewat cermin.

üSenang ditemani anak lain tetapi belum bisa bekerja sama dalam bermain.

üMulai menuntut kebebasan, sering menolak untuk bekerja sama dalam melakukan kegiatan sehari-hari yang dulu dinikmatinya, menentang untuk berpakaian, memakai sepatu, makan,mandi, ingin mencoba melakukan segala sesuatu tanpa dibantu.

üKadang-kadang menangis meronta-ronta apabila ada hal yang tidak dia inginkan atau bila kelelahan

üMenunjukkan rasa ingin tahu yang sangat besar tentang orang—orang dan sekelilingnya; memdekati dan berbicara pada orang asing, berjalan-jalan kesana kemari ketika tidak diawasi, mencari-cari sesuatu dialmari.

üSenang membantu tetapi menimbulkan masalah apabila ditinggalkan sendiri,

üMasih tidur siang; tidur siang yang terlalu lama.

Perkembangan Anak usia 2 tahun

Pada tahap anak usia dua tahun ini, anak  mulai lebih cakap dan ramah karena keterampilan yang baru dikuasainya dan pembelajaran awal dapat saling menunjang.

1.Pertumbuhan dan Ciri-ciri Fisik anak usia 2 tahun

a.Postur tubuhnya semakin tegak, perutnya masih besar dan menonjol, dan punggung melengkung karena otot perut belum berkembang sempurna.

b.Pernafasan lambat dan teratur (kira-kira 20 sampai 35 kali permenit)

c.suhu tubuh mulai naik turun tergantung pada aktifitas , keadaan emosi dan lingkungan.

d.otak mencapai sekitar 80% dari ukuran orang dewasa

e.tumbuhnya gigi hamper lengkap, geraham kedua muncul , dengan jumlah total dua puluh gigi susu atau gigi “bayi”.

2.Perkembangan Motorik

§berjalan dengan lebih tegak, menapak dari tumit ke jari kaki, mampu memutari rintangan yang menghalangi jalannya.

§berlari dengan kepercayaan diri yang lebih besar, lebih jarang terjatuh.

§jongkok untuk jangka waktu yang lama ketika bermain.

§naik tangga tanpa dibantu (tetapi tidak dengan kaki secara bergantian ) pegangan pada pinggiran tangga untuk mendukung tubuhnya.

§bisa menjaga keseimbangan tubuh dengan berdiri di atas satu kaki (hanya sebentar), melompat naik dan turun, tetapi bisa terjatuh.

§mulai bisa member tahu kalau mau buang air, walaupun kadang-kadang masih mengompol.

§melempar bola besar dengan ayunan rendah tanpa kehilangan keseimbangan.

§memegang cangkir atau gelas (pastikan terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah) dengan satu tangan.

§membuka pintu dengan memutar gagang pintu.

§menggenggam krayon besar di kepalan tangannya , mencorat-coret dengan antusias di atas kertas yang lebar.

§memanjat ke atas kursi , memutar badannya dan duduk .

§menyukai kegiatan menuang dan mengisi pasir , air

§mengendarai mainan beroda dan menggunakan kaki untuk mengayuhnya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun