MANAGEMEN STRATEGIS PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Didalam suatu pemdidikan anak usia dini, banyak yang dibutuhkan oleh seorang kepala sekolah PAUD diantaranya yaitu memanage strategi apa yang akan digunakan untuk mengajar seorang anak usia dini tersebut.
Manajemen dibutuhkan dalam semua hal. Inti manajemen berkisar pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan monitoring akan membuat program pendidikan anak usia dini berjalan dengan lancar, disinilah pentingnya manajemen professional agar PAUD berhasil secara maksimal. Selain itu strategi yang digunakan oleh guru juga . manajemen strategi anak usia dini mencakup 3 hal yaitu:
1.Kelembagaan
Dalam Suatu lembaga pendidikan, agar dapat berjalan secara efektif dan efisien diperlukan adanya penataan, pengaturan, pengelolaan, dan kegiatan lain yang sejenis. Langkah-langkah tersebut harus dikonsepkan secara sistematis. Oleh karena itu sistem kelembagan ini sangat dibutuhkan oleh seorang head master dalam membuat suatu strategi pendidikan anak usia dini ini.
Komponen yang ada dalam Kelembagaan yaitu :
- Pengelolaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan
- Pengelolaan Peserta Didik
- Manajemen Sarana dan Prasarana
- Manajemen Keuangan
2.Metode
Dalam mengajar seorang anak usia dini seorang pendidik membutuhkan suatu metode yang unik dan kreatif sehingga dapat menarik minat anak usia dini. Karena disinilah peran seorang guru dalam mendidik dan menggali potensi yang dimiliki oleh seorang anak usia dini. Seorang pendidik anak usia dini tentu menginginkan anak didiknya mendapat hasil yang memuaskan dan maksimal. Untuk itu, seorang pendidik dalam mengajar seharusnya mempertimbangkan metode yang digunakan. Metode-metode yang dapat digunakan dalam melakukan pengajaran diantaranya yaitu:
a.Metode global
b.Metode percobaan
c.Metode learning by doing
d.Metode home schooling group
e.Pembelajaran bilingual
3.Kurikulum
Kurikulum adalah inti sebuah lembaga pendidikan. Karena kurikulum yang benar akan menghasilkan pengajaran dan kegiatan yang terpadu dan holistik yang mengarah pada visi dan misi lembaga pendidikan yang dicanangkan.
Kurikulum pada pendidikan anak usia dini didisain berdasarkan tingkat perkembangan anak. Materi maupun metodologi pendidikan yang dipakai dalam rangka pendidikan anak usia dini harus benar-benar memperhatikan tingkat perkembangan mereka. Kompetensi akademis merupakan alat untuk mencapai tujuan, dan manipulasi diihat sebagai materi yang berguna untuk mengembangkan diri anak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H