Mohon tunggu...
Wildan Fadian H
Wildan Fadian H Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiswa s1 perencanaan wilayah dan kota

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pembangunan Ekonomi Tentang Infrastruktur

17 September 2024   17:13 Diperbarui: 17 September 2024   17:13 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


PEMBANGUNAN EKONOMI DAN INFRASTRUKTUR
Pembangunan ekonomi adalah salah satu pilihan utama yang mendukung kesejahteraan dan pertumbuhan suatu negara. Agar tidak kalah bersaing dengan negara negara maju lainnya infrastruktur menjadikan salah satu pemilihan utama dalam membangun fondasi yang kokoh dalam kemajuan ekonomi. Didalam konteks ini infrastruktur tidak hanya melibatkan pembangunan fisik melainkan aspek sosial dan teknologi yang memengaruhi aspek kehidupan masyarakat.

DEFINISI INFRASTRUKTURDAN PENTINGNYA INFRASTRUKTUR DALAM PEMBANGUNAN EKONOMI
Pembangunan infrastruktur menjadikan pondasi utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Dengan cara meningkatkan konektivitas, infrastruktur dapat mempengaruhi ekonomi. Infrastruktur mencakup berbagai aspek seperti transportasi, air bersih, telekomunikasi, energi dan fasilitas umum lainnya, setiap aspek memiliki peran yang penting dalam mendukung aktifitas ekonomi. Seperti transportasi yang efesien memungkinkan barang dan jasa dipindahkan dengan cepat dan dengan biaya yang murah. Ketersediaan infrastruktur yang memadai membuat mendorong investasi asing, investor cenderung melihat dan mencari lokasi memiliki kemudahan akses dan kestabilan infrastruktur, maka dari itu infrastruktur yang stabil dapat meningkatkan daya Tarik investasi dan membuka lapangan pekerjaan yang baru selain itu semua infrastruktur yang baik dapat mengurangi kesenjangan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Infrastruktur dasar seperti air bersih dan Kesehatan pada masyarakat merupakan hal yang penting untuk di pikirkan. Infrastruktur yang baik juga mendukung Pendidikan dengan menyediakan akses ke sekolah dan fasilitas fasilitas Pendidikan yang layak dan memadai. Pengembangan Wilayah Terpencil Infrastruktur membantu mengurangi ketimpangan regional dengan menghubungkan wilayah terpencil ke pusat-pusat ekonomi. Pembangunan jalan dan fasilitas transportasi ke daerah-daerah yang selama ini terisolasi membuka akses pasar baru, meningkatkan potensi ekonomi lokal, dan memperbaiki kualitas hidup penduduk setempat.

TANTANGAN DALAM PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR
Walaupun infrastruktur mempunyai banyak manfaat dan kelebihan di balik itu semua ada tantangan yang harus di perhitungkan


1. Pendanaan
Tentangan terbesar dalam pembangunan infrastruktur adalah pendanaan, pembangunan infrastruktur sering kali mengalami masalah dalam pendanaan dan membutuhkan investasi yang besar serta jangka waktu yang lama buat pengembalian, banyak sekali negara negara maju yang mengalami kendala anggaran dan kesulitan memperoleh pembiayaan untuk proyek yang besar.


2. Perencanaan dan Pengelolaan
Dalam hal ini pembangunan harus memerlukan yang Namanya perencanaan serta pengelolaan jika perencanaan dan pengelolaan buruk  maka pembangunan yang di harapkan dapat bermanfaat  akan berdampak merugikan, karna dapat melebihi anggaran, pembangunan dalam jangka waktu yang lama dan melebihi target dan bahkan bisa gagal total.


3. Korupsi
Masalah selanjutnya yaitu korupsi, korupsi dapat membuat dampak yang besar dalam pembangunan infrastruktur karna dana yang seharusnya digunakan sebagai pembangunan tapi di salah gunakan demi kepentingan perseorangan. Akuntanbilitas dalam pengelolaan proyek adalah salah satu cara utama untuk memastikan agar sumber daya yang di gunakan efektif.


4. Dampak Sosial dan Lingkungan
Evaluasi dampak sosial dan lingkungan sangat diperlukan dalam pembangunan proyek, karna pembukaan lahan untuk proyek dapat berdampak deforestasi, gangguan terhadap kehidupan masyarakat serta pencemaran lingkungan

STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR
Untuk mengatasi tantangan yang ada , kita perlukan strategi agar pembangunan infrastruktur dapat berjalan dengan lancar

 
1. perencanaan berbasis data
Di jaman yang modern ini data dan teknologi dapat menjadi pilihan utama dalam perencanaan infrastruktur , data dan teknologi dalam perencanaan infrastruktur dapat meningkatkan efesiensi dan efektivitas proyek. Analisis data dapat membantu merencanakan sumber daya lebih akurat, membantu dalam menentukan kebutuhan, dan memprediksi dampak dari pembangunan.


2. akuntanbilitas dan transparansi
Menerapkan system akuntanbilitas dan transparansi dapat mengawasi dan membantu resiko terjadinya penyalahgunaan dan korupsi dengan pelaporan yang jelas dapat memastikan bahwa data yang digunakan akan efesien dan sesuai tujuan.


3. Perencanaan jangka Panjang
Perancangan yang matang dan strategi untuk pembangunan jangka Panjang sangat penting karna untuk memastikan bahwa infrastruktur yang di bangun dapat memenuhi kebutuhan di masa depan. Perancangan dan evaluasi berkelanjutan dapat membantu untuk menyesuaikan proyek dengan kebutuhan masyarakat yang berubah dan perkembangan teknologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun