Nama : Siti sulaiha
Npm : 0483
kelas : Pba reguler (v)
Resensi Buku Perencanaan pembelajaran
Judul : perencanaan pembelajaran
Penerbit : PT RajaGrafindo persada,Depok
Penulis: T.G. Ratumanan & Imas Rosmiati
Halaman : 346 hlm.
ISBN: 978-602-425-772-9
Tahun Terbit : 2019
Perencanaan pembelajaran adalah buku yang disusun oleh prof.Dr.TG Ratumanan,M.pd dan Imas Rosmiati, S.pd.,M.pd. yaitu seorang ahli dalam bidang Matematika yang diterbitkan pada tahun 2019.
Buku ini diawali dengan deskripsi yang berkaitan dengan dasar-dasar perencanaan, yakni Sistem Pembelajaran, Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran, Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kompetensi, dan Model Perencanaan Pembelajaran. Selanjutnya, dibahas berbagai konsep yang terkait dengan tahapan perencanaan pembelajaran, meliputi Analisis Peserta Didik, Rancangan Kompetensi, Pengembangan Indikator, Program Tahunan dan Program Semester, Analisis Materi Pembelajaran, Rancangan Pengalaman Belajar, Rancangan Penilaian, Pengembangan Silabus, Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, serta Perencanaan Remedial dan Pengayaan. Selain itu, buku ini dilengkapi pula dengan Pengembangan Media Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar.
Buku ini disusun untuk menjadi salah satu referensi bagi perkuliahan perencanaan pembelajaran.selain itu, buku ini diharapkan pula dapat memberikan gambaran dan memperluas wawasan para pendidik dan calon pendidik tentang pentingnya perencanaan pembelajaran dan bagaimana menerapkan perencanaan yang baik.Perencanaa pembelajaran tentunya tidak dapat dilepaspisahkan dengan implementasi kurikulum, oleh karena itu buku ini juga menyajikan beberapa aspek yang terkait dengan implementasi kurikulum pada satuan pendidik saat ini,yakni kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.
Pembahasan yang komprehensif, menjadikan buku ini sangat memadai untuk digunakan sebagai referensi bagi guru, mahasiswa program S-1 Keguruan, dan mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Diharapkan buku ini dapat memberikan pengetahuan kepada guru dan calon guru sehingga dapat berkontribusi dalam pengembangan pembelajaran yang bermutu, termasuk dalam implementasi kurikulum yang berlaku. Buku ini juga dapat dijadikan referensi bagi penelitian pengembangan pembelajaran.
buku ini tentunya masih penuh dengan kelemahan,baik dari aspek isi kajian maupun tata bahasa.oleh karena itu.dengan kehendahan hati penulis mengharapkan masukan-masukan yang konstruktif dari para pembaca.semoga buku ini memberikan manfaat bagi dunia pendidikan,terutama bagi para guru dalam merancang pembelajaran yang baik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H