Mohon tunggu...
047_Callista Azalia
047_Callista Azalia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember

Saya Callista Azalia Nur Firdaus, biasa di panggil Lia/Callista. Saya mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Jember. Hobi Saya membaca novel dan menonton horor. Saya asli dari kota Surabaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Pembelajaran untuk Mengukur Kemampuan Kritis Berpikir Siswa

10 Juli 2024   13:51 Diperbarui: 10 Juli 2024   14:10 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu kompetensi esensial yang harus dikembangkan dalam pendidikan abad ke-21. Berpikir kritis mencakup kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan mensintesis informasi untuk membuat keputusan yang tepat dan menyelesaikan masalah secara efektif. Oleh karena itu, evaluasi pembelajaran yang efektif sangat penting untuk mengukur sejauh mana siswa telah mengembangkan kemampuan ini.

Menurut beberapa ahli, berpikir kritis mencakup beberapa komponen utama, yaitu:

Analisis: Kemampuan untuk memahami dan menjelaskan informasi serta argumen.

Evaluasi: Kemampuan untuk menilai kredibilitas sumber dan validitas argumen.

Interpretasi: Kemampuan untuk memahami dan menyusun makna dari berbagai jenis informasi.

Inferensi: Kemampuan untuk menarik kesimpulan yang logis berdasarkan informasi yang tersedia.

Penjelasan: Kemampuan untuk mengkomunikasikan hasil analisis dan evaluasi secara jelas.

Metakognisi: Kesadaran dan pengaturan proses berpikir sendiri.

Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa, beberapa metode evaluasi yang dapat digunakan antara lain:

Tes Standar: Tes ini biasanya berisi pertanyaan pilihan ganda atau esai yang dirancang untuk mengukur kemampuan analisis, evaluasi, dan inferensi siswa. Contoh tes yang sering digunakan adalah Watson-Glaser Critical Thinking Appraisal.

Tugas Esai: Esai memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan argumen mereka sendiri, serta untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi secara mendalam. Ini juga memungkinkan penilaian kemampuan interpretasi dan penjelasan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun