Program asistensi mengajar telah menjadi angin segar dalam dunia pendidikan. Tidak hanya sekadar membantu guru dalam proses belajar-mengajar, program ini juga menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan kreativitas dan berbagi ilmu dengan siswa di SMK Al-Hikam. Salah satu aspek menarik dari program ini adalah inisiatif mahasiswa asistensi mengajar universitas Trunodjoyo Madura Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  yaitu Zila, Lia, Aviva, dan Wanda dalam mengembangkan buletin sekolah, mading, dan mengelola perpustakaan di SMK Al-Hikam.Â
Buletin Sekolah: Jendela Informasi dan KreativitasÂ
Buletin sekolah yang dikelola oleh mahasiswa asisten mengajar sekaligus siswa seringkali menjadi sumber informasi terbaru dan menarik bagi masyarakat di SMK Al-Hikam. Dengan desain yang menarik dan konten yang beragam, buletin sekolah tidak hanya menyajikan berita terkini tentang kegiatan sekolah, tetapi juga menampilkan karya-karya siswa, opini, dan informasi edukatif lainnya. Melalui buletin sekolah, siswa dapat mengasah kemampuan menulis, desain grafis, dan manajemen proyek.
Mading: Dinding yang Berbicara
Mading sekolah yang dihidupkan kembali oleh mahasiswa asisten mengajar PBSI menjadi pusat perhatian siswa. Dengan tema-tema yang relevan dan desain yang kreatif, mading sekolah menjadi media yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan positif, menginspirasi, dan memotivasi siswa. Mahasiswa dapat memanfaatkan mading untuk menampilkan karya seni siswa, hasil eksperimen, informasi tentang lomba, dan pengumuman penting lainnya.
Perpustakaan: Sumber Ilmu yang Terkelola
Perpustakaan sekolah yang dikelola dengan baik akan menjadi tempat yang nyaman dan menyenangkan bagi siswa untuk belajar dan membaca. Mahasiswa asisten mengajar dapat berperan aktif dalam mengelola perpustakaan, mulai dari mengklasifikasikan buku, membuat katalog, hingga mengadakan kegiatan literasi. Dengan adanya mahasiswa asisten mengajar PBSI, perpustakaan sekolah di SMK Al-Hikam menjadi lebih hidup dan menarik bagi siswa.
Dampak Positif Program Asistensi Mengajar
Program asistensi mengajar yang melibatkan mahasiswa dalam pengelolaan buletin sekolah, mading, dan perpustakaan memberikan dampak positif yang signifikan, antara lain:
Meningkatkan minat baca siswa: Dengan adanya buletin sekolah dan perpustakaan yang dikelola dengan baik, siswa akan lebih terdorong untuk membaca dan mencari informasi.
Mengembangkan kreativitas siswa: Melalui mading sekolah, siswa dapat menyalurkan kreativitasnya dalam membuat karya seni dan desain.