Mohon tunggu...
Firdaus Wildanul Hakim
Firdaus Wildanul Hakim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Kkn

Inisiatif KKN-K 128: Labelling & Digitalisasi UMKM Desa Karangbayat

11 Agustus 2024   23:50 Diperbarui: 12 Agustus 2024   08:24 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada minggu ketiga pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Kolaboratif (KKN-K) Kelompok 128, tepatnya hari Jumat 9 Agustus 2024 telah melakukan sosialisasi awal yang penting di Desa Karangbayat. Fokus utama sosialisasi kali ini adalah memperkenalkan Business Model Canvas (BMC) dengan tema “Labelling & Digitalisasi UMKM Desa Karangbayat”. 

Sosialisasi ini dihadiri oleh beberapa perangkat desa yaitu Ibu Nurlailiyah selaku Sekretaris Desa Karangbayat, Efiantri Ariati, Eni Nurhayati, Dany Fathorrozi, dan Abdur Rozak. Kehadiran mereka sangat penting dalam mendukung dan memahami program kerja yang akan dilaksanakan nantinya, serta memberikan masukan untuk kedepannya.

Sebelum melakukan sosialisasi kepada perangkat desa, telah dilakukannya persiapan yang cukup matang. Persiapan tersebut adalah menyusun Rencana Anggaran Biaya (RAB) sementara dan mengidentifikasi beberapa sumber pendanaan untuk mendukung kegiatan ini. 

Meskipun timeline masih dalam tahap penyusunan, koordinasi antar tim sudah mulai berjalan untuk memastikan program kerja kami dapat terlaksana dengan baik. Beberapa produk UMKM di Desa Karangbayat sudah kami identifikasi, diantaranya adalah UMKM Keripik Singkong dan hasil perkebunan yaitu Kopi Robusta khas Karangbayat.

Dalam aspek produksi, telah dimulai proses desain label untuk produk UMKM. Meskipun pemasangan label dan repacking produk belum dilakukan, Mahasiswa KKN-K kelompok 128 merencanakan pemberian label pada produk yang telah dipilih. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik dan standar produk di pasar, sehingga dapat mendukung UMKM lokal dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan kualitas produk mereka.

Pada aspek digitalisasi, telah dibuat beberapa platform digital yaitu Website Catalog, Shopee, TikTok, dan Akun Instagram, untuk memasarkan produk UMKM Desa Karangbayat. Meskipun analisis data penjualan belum dilakukan, keberadaan platform digital ini diharapkan dapat memberikan dorongan besar bagi produk UMKM dalam menghadapi era digital saat ini. Dengan langkah-langkah ini, Mahasiswa KKN-K Kelompok 128 berharap dapat memberikan konstribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi lokal dan keberlanjutan UMKM di desa Karangbayat.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kampus kami yang berkolaborasi dalam kegiatan ini, kunjungi (Universitas Islam Jember, Universitas Jember, Politeknik Jember, Politeknik Kesehatan Jember, UIN KHAS Jember, Universitas dr. Soebandi, dan Universitas Al-Falah As-Sunniyah).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kkn Selengkapnya
Lihat Kkn Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun