Mohon tunggu...
Lailatur Rizqi
Lailatur Rizqi Mohon Tunggu... -

mahasiswa UIN MALIKI Malang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Fasilitas PAUD

7 Juni 2014   04:06 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:54 511
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Dalam penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) diperlukan fasilitas yang memadahi untuk menunjang keberhasilan dalam kegiatan pendidikan anak usia dini. Fasilitas PAUD dapat berupa gedung, meja, kursi, mainan dan fasilitas yang lain.

Ada beberapa prinsip dalam pengadaan fasilitas PAUD:

1.Aman, nyaman, terang dan memenuhi kriteria kesehatan bagi anak.

Misalnya mainan yang ada harus bersifat aman artinya mainan tersebut tidak membahayakan jika dimainkan oleh anak usia dini. Contohnya ayunan jangan terlalu tinggi, tinggi rendahnya disesuaikan dengan pengguna ayunan tersebut yaitu anak usia dini. Kemudian nyaman, artinya fasilitas dalam sebuah paud harus menyerminkan rasa nyaman ketika digunakan. Misalnya ruang kelas, harus didesain sedemikian rupa sehingga nyaman digunakan oleh anak dalam melakukan kegiatan mereka. Dan yang terakhir adalah fasilitas PAUD harus memenuhi kriteria kesehatan bagi anak, artinya bahwa semua fasilitas yang ada harus memenuhi standar kesehatan. Misalnya penerangan ruang kelas harus memenuhi standar kesehatan mata, tidak terlalu terang dan juga tidak terlalu redup.

2.Sesuai dengan tingkat perkembangan anak.

Fasilitas yang ada di PAUD harus pula disesuaikan dengan perkembangan anak usia dini. Misalnya untuk anak usia 3-4 tahun, fasilitas yang diberikan harus disesuaikan dengan perkembangan mereka.

3.Memanfaatkan potensi sumber daya yang ada di lingkungan.

Tidak semua fasilitas yang ada di PAUD diperoleh melalui pembelian dengan harga yang mahal. Fasilitas yang ada di PAUD bisa berasal dari barang-barang yang ada dilingkungan atau pun memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai yang ada dilingkungan sekitar. Misalnya untuk hiasan dalam kelas bisa memanfaatkan botol air mineral bekas yang didesain sedemikian rupa sehingga menjadi cantik dan dapat menghiasi ruang kelas.

Daftar Pustaka

Asholihin skb.(2013). Standar Sarana dan Prasarana Lembaga PAUD. http://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/2013/12/standar-sarana-dan-prasarana-lembaga.html . diunduh pada 06 juni 2014

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun