Mohon tunggu...
Lailatur Rizqi
Lailatur Rizqi Mohon Tunggu... Guru - Guru

Guru Madrasah ibtidaiyah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Prinsip Penilaian Anak Usia Dini

7 Juni 2014   04:07 Diperbarui: 20 Juni 2015   04:54 2282
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pelaksanaan Pendidikan anak usia dini membutuhkan suatu penilaian untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan dari suatu kegiatan pendidikan bagin anak usia dini. Dalam proses penilaian terhadap anak usia dini, terdapat beberapa prinsip:

1.Mendidik

Proses dan hasil penilaian perkembangan harus mampu memberikan sumbangan positif pada peningkatan pencapaian perkembangan peserta didik. Artinya, pendidikan anak usia dini harus mampu memberikan sumbangan perkembangan positif bagi anak.

2.Sistematis

Perkembangan anak berlangsung secara sistematis, artinya bahwa perkembangan itu berlangsung mengikuti pola tertentu yang terjadi secara teratur. Sehingga penilaian yang dilakukan harus sesuai dengan tahap-tahap yang ada agar penilaian yang dilakukan mencapai hasil yang efektif.

3.Berkesinambungan

Penilaian pencapaian perkembangan peserta didik harus dilakukan secara terencana, bertahap dan terus menerus untuk memperoleh gambaran tentang pertumbuhan dan perkembangan anak. Artinya penilaian yang dilakukan mulai dari tahap pertama sampai tahap terakhir memiliki hubungan yang saling terkait.

4.Menyeluruh

Penilaian yang dilakukan harus mencangkup semua aspek yang meliputi nilai, agama, moral, kognitif, motorik, bahasa serta sosial-emosional. Penilaian bagi pendidikan anak usia dini tidak cukup hanya

5.Objektif dan adil

Penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas, tidak dipengaruhi subjektivitas penilai.

6.Terpadu

Penilaian yang dilakukan oleh pendidik merupakan salah satu komponen penting dari kegiatan pembelajaran dan hasil penilaian benar-benar dijadikan dasar untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut.

7.Akuntabel

Penilaian harus dapat dipertanggung jawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya.

8.Terbuka

Artinya, prosedur penilaian, kriteria penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diketahui oleh pihak yang berkepentingan.

9.penilaian harus mengakui perbedaan individual anak baik kemampuan maupun tipe belajarnya,

Daftar Pustaka

Uswatun hasanah. (2010). Pendidikan Anak Usia Dini. http://paud-uny.blogspot.com/2010/10/evaluasi-pengukuran-dan-penilaian-di.html .Diunduh pada 06 juni 2014.

Wahyudin, uyu dan Agustin, Mubiar. 2012. Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung : Refika Aditama.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun