Mohon tunggu...
MMISBAKHUL KIROM
MMISBAKHUL KIROM Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Sepakbola,menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Literasi Keuangan Digital

23 Agustus 2024   22:20 Diperbarui: 23 Agustus 2024   22:44 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

LITERASI KEUANGAN DIGITAL
Hallo sobat artikel lovers,bagaimana nih kabarnya moga baik-baik saja ya semoga hari-hari kita bahagia selalu ya serta ceria semua meskipun keadaan yang tak bisa diprediksi kadang dipenuhi dengan suka maupun duka saat ini.nah berhubung akhir-akhir ini banyak fenomena dikeseharian kita khususnya dalam bertransaksi nih guys apalagi sekarang era digital, kebanyakan sekarang sudah menggunakan yang namanya Qris.

Apasih Qris itu guys,apa keistimewaanya,apa fungsinya dan masih banyak lagi.nahh guys dari pada makin kesini makin penasaran langsung saja kita simak bareng-bareng beberapa penjelasan yang akan menjawab penasaran artikel lovers.yuukkk cekidoottt.......

A]PENGERTIAN QRIS
Qris secara garis besar adalah sebuah kode yang mengarah untuk alat transaksi, dan secara istilah Qris adalah singkatan dari Quick response code indonesian standard,yaitu standar pembayaran kode QR untuk memfasilitasi pembayaran-pembayaran yang non tunai dan juga sekaligus mensupport perkembangan perekonimian digital di Indonesia.sebelumnya, Qris masih dalam uji tahap standardisasi dan tahap pertama pada september hingga november pada tahun 2018 dan dilanjutkan dengan uji tahap yang kedua yakni pada bulan april hingga mei 2019.dan dalam peluncurannya,gubernur Bank Indonesia Penny Warijiyo mengatakan bahwa Qris mengusung langsung semangat unggul yang artinya:


1.universal
 Yang dimaksud universal adalah Qris bisa diakses oleh penggunanya untuk transaksi pembayaran baik domestik ataupun luar negeri.
2.mudah
 Dalam arti mudah juga masyarakat yang menggunakan Qris dapat lebih simple karena cukup membawa handphone kemana saja sebagai alat pembayarannya.
3.langsung
 Metode Qris ini juga dapat langsung mendapat notifikasi masuk yang berupa pemberitahuan proses transaksi baik dari pengguna jasa Qris maupun penyedia jasa Qris.
4.untung
 Penggunaan Qris juga dapat menguntungkan bagi penjual maupun pembeli karena terkesan lebih efisien dan simple serta sat set.


Dan beberapa manfaat yang ada dalam Qris adalah:
1.memudahkan pembayaran karena satu kode QR dapat mengakses seluruh metode pembayaran dalam aplikasi yang berbeda-beda.
2.lebih simple dan efisien
3.meminimalisir adanya kontak hubungan virus dari tangan ke tangan ketika bertransaksi tunai
4.meminimalisir adanya uang hilang karena sering uang yang kita pegang ketika kita simpan rawan adanya pencurian dan dalam metode ini uang kita lebih aman karena sudah tersimpan langsung ke bank ataupun media platfrom lain.
5.dapat pengawasan langsung dari badan otoriter jasa keuangan nasional(OJKmas).
6.meminimalisir peredaran uang palsu


Dan beberapa dampak negatif dari uang transaksi digital ini adalah:
1.masyarakat akan lebih konsumtiff
2.kurang memenuhi syarat transaksi dalam ajaran agam islam
3.rawan terjadinya error
 Dan itulah beberapa hal tentang keuangan digital yaitu Qris dari mulai pengertian macammacam Qris,keistimewaanya serta dampat negatif yang telah kita paparkan dengan secara detail.nah sobat artikel loverss itu saja penjelasan nya jadi kesimpulanya kita bisa menggunakan banyak media pembayaran untuk bertransaksi yha guys karna bertransaksi itu pilihan selama apa yang kita hasilkan itu halal wkwk okee sampai sini sekian dan terima kasih

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun