Blitar, 11 Januari 2023 -- Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat. UMKM sendiri merupakan sektor yang mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dan menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.
Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN R-19 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya di Desa Sawentar Kec. Kanigoro Kab. Blitar, salah satu permasalahannya beberapa UMKM masih belum mampu menjalankan usaha dengan maksimal, salah satu penyebabnya kurangnya target sasaran penjualan.
Hal tersebut mendasari Mahasiswa KKN Untag 2023 mengadakan peningkatan pemasaran karena salah satu cara untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan adalah dengan meningkatkan pemasaran yang dilakukan. Peningkatan pemasaran dapat dilakukan melalui peningkatan pada brand image atau citra merek suatu UMKM yaitu desain logo dan kemasan pada produk.
Oleh karena itu, mahasiswa KKN Untag 2023 mengambil judul progam kerja yaitu "Pemberian Desain Logo dan Realisasi Upgrading Kemasan Pada Mitra UMKM".Â
Kegiatan ini dilakukan dengan mendatangi beberapa UMKM salah satunya Ibu Ida selaku pelaku atau pembuat UMKM brambang goreng di Desa Sawentar. Dari Progam Kerja ini, mahasiswa KKN Untag memberikan saran mengenai contoh desain logo dan upgrading kemasan.
Progam kerja ini bertujuan untuk membantu pelaku UMKM dalam pemberian logo dan mengupgrade kemasan untuk meningkatkan citra merek UMKM sehingga dapat lebih menarik konsumen masyarakat dan diharapkan dapat meningkatkan penjualan.
DPL : Sigit Ananda Murwanto,S.Kom., M.MT./
Penulis : Eko Prastyo / 1441900105
Mitra : UMKM Desa Sawentar Kec. Kanigoro Kab. Blitar
#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #Kampuskompeten