Mohon tunggu...
002_yuniar firjinia Fatwa_PBSI
002_yuniar firjinia Fatwa_PBSI Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

seseorang Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jember

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kunci Membuka Gerbang Kemampuan Berbicara dan Menulis yang Luar Biasa melalui Program Tahunan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

6 Juli 2024   21:55 Diperbarui: 9 Juli 2024   08:00 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mata pelajaran penting dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara efektif, baik secara lisan maupun tertulis. 

Salah satu pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan ini adalah melalui Prota (Program Tahunan). 

Prota merupakan dokumen yang memuat rencana pembelajaran tahunan untuk suatu mata pelajaran. Dalam konteks Bahasa Indonesia, Prota memuat uraian tentang kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan strategi pembelajaran.

Salah satu aspek penting dalam Prota Bahasa Indonesia adalah pengembangan keterampilan berbicara dan menulis. Keterampilan ini sangat penting bagi siswa untuk dapat berkomunikasi secara efektif dalam berbagai situasi dan konteks. 

Keterampilan berbicara merupakan kemampuan untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan informasi secara lisan dengan jelas. 

Keterampilan berbicara dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan pembelajaran, seperti: berdiskusi: Diskusi merupakan kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk saling bertukar ide dan pendapat. 

Dalam diskusi, siswa dapat belajar bagaimana mengungkapkan ide dengan jelas, menyimak dengan seksama, dan menanggapi pendapat orang lain dengan sopan. Presentasi: Presentasi merupakan kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk menyampaikan informasi kepada audiens. 

Dalam presentasi, siswa dapat belajar bagaimana mengorganisir ide, menggunakan bahasa yang efektif, dan menyampaikan pesan dengan menarik. peran: Bermain peran merupakan kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk memerankan situasi tertentu. Dalam bermain peran, siswa dapat belajar bagaimana berkomunikasi dalam berbagai situasi dan konteks.

Keterampilan menulis merupakan kemampuan untuk mengungkapkan ide, gagasan, dan informasi secara tertulis dengan jelas. Keterampilan menulis dapat dikembangkan melalui berbagai kegiatan pembelajaran, seperti: Kegiatan Menulis teks: Menulis teks merupakan kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk menghasilkan berbagai jenis teks, seperti teks cerita, teks deskripsi, teks eksposisi, teks argumentasi, dan teks persuasi. 

Dalam menulis teks, siswa dapat belajar bagaimana mengorganisir ide, menggunakan bahasa yang efektif, dan menyusun kalimat dengan benar. 

Menulis jurnal: Menulis jurnal merupakan kegiatan pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk mencatat pengalaman, ide, dan perasaan mereka. Dalam menulis jurnal, siswa dapat belajar bagaimana mengekspresikan diri dengan jelas dan reflektif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun