Mohon tunggu...
WIRDAT LIS ANDRIANI
WIRDAT LIS ANDRIANI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa manajemen Bisnis Syariah
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

KAKA❤️

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dasar-dasar Pemasaran

21 Maret 2024   08:42 Diperbarui: 22 Maret 2024   13:41 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

~Pentingnya Pemasaran~

             Pemasaran merupakan suatu kegiatan yang sangat penting bagi sebuah perusahaan atau usaha, baik yang berbasis fisik maupun digital. Pemasaran memiliki beberapa fungsi.          yang penting dalam meningkatkan kinerja perusahaan, seperti:

  A) Membantu meningkatkan produk: Pemasaran membantu perusahaan dalam mengembangkan produk yang lebih baik dan memenuhi kebutuhan pelanggan.
B) Memperjelas tujuan perusahaan: Pemasaran membantu perusahaan dalam menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, sehingga dapat diterapkan dalam seluruh kegiatan perusahaan.
 C) Membantu meningkatkan penjualan: Pemasaran membantu meningkatkan penjualan dengan mengembangkan strategi yang efektif untuk menarik pelanggan.

 

~Ruang LIngkup Pemasaran~

              Ruang lingkup pemasaran mencakup semua kegiatan yang terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh suatu bisnis atau perusahaan. Ini termasuk cara kerja pemasaran, produk yang akan dipasarkan, serta siapa yang akan melakukannya. Ruang lingkup pemasaran juga meliputi manajemen pemasaran, yang terdiri dari penawaran pasar suatu organisasi, strategi pemasaran, analisis pemasaran, dan kegiatan pemasaran. Dalam dunia bisnis, pemasaran sangat penting untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar.


~Konsep - konsep dasar dalam Pemasaran~
   
Konsep dasar dalam pemasaran meliputi:

1. Orientasi Pelanggan

Fokus pada memahami dan memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan, yang berfokus pada penciptaan, pengiriman, dan pemertahanan nilai bagi pelanggan.

2. Nilai dan Keunggulan Bersaing: Menawarkan nilai unik dan superior kepada pelanggan dibandingkan dengan pesaing, yang mengacu pada pentingnya memahami kebutuhan pelanggan dan mengembangkan proposisi nilai yang menarik

3. Pemasaran Terintegrasi: Mengkoordinasikan dan mengintegrasikan berbagai kegiatan pemasaran dalam organisasi, yang mencakup produk, harga, distribusi, dan promosi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun