Mohon tunggu...
Humaniora

Komparasi Pencapaian Kompetensi Guru Bahasa Inggris di NTB

19 Agustus 2015   13:22 Diperbarui: 19 Agustus 2015   13:28 1214
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

KOMPARASI PENCAPAIAN KOMPETENSI

GURU SMA DAN SMP MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

DI PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT

 

Takyudin

Widyaiswara, LPMP Provinsi Nusa Tenggara Barat

 

ABSTRAK

Analisis ini bertujuan untuk memperoleh gambaran perbandingan mengenai: 1. penguasaan kompetensi pedagogik Guru SMA dan SMP mata pelajaran Bahasa Inggris di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB); 2 penguasaan kompetensi profesional Guru SMA dan SMP mata pelajaran Bahasa Inggris di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB); 3. Aspek-aspek pada kompetensi pedagogik dan profesional yang perlu ditingkatkan oleh guru SMA dan SMP mata pelajaran Bahasa Inggris di Provinsi NTB. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purpossive sampling, dengan sample yang digunakan adalah seluruh guru SMA dan SMP mata pelajaran Bahasa Inggris di NTB yang mengikuti Uji Kompetensi Guru (UKG) on line masing masing berjumlah 204 dan 400 orang .

Hasil analisis menunjukkan bahwa capaian kompetensi pedagogik Guru SMA mata pelajaran Bahasa Inggris di Provinsi NTB sebesar 43,45% (Kurang memuaskan), sedangkan capaian kompetensi pedagogik Guru SMP sebesar 40,82% (Kurang memuaskan), kompetensi profesional Guru SMA sebesar 37,09% (Tidak memuaskan) sementara kompetensi profesional guru SMP sebesar 42,27% (kurang memuaskan). Mayoritas aspek pedagogik guru SMA yang diujikan, sembilan aspek, harus ditingkatkan karena berada pada kategori kurang memuaskan dan tidak memuskan. Adapun aspek yang mencapai kategori memuaskan yaitu hanya pada aspek penguasaan teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Adapun dengan aspek kompetensi profesional yang diujikan, semuanya harus ditingkatkan karena berada pada kategori Kurang Memuaskan. Sedangkan capaian Guru SMP pada semua aspek pedagogik yang diujikan harus ditingkatkan karena berada pada kategori kurang memuaskan dan tidak memuskan. Demikian juga dengan aspek kompetensi profesional yang diujikan, semuanya harus ditingkatkan karena berada pada kategori Kurang Memuaskan dan Tidak Memuaskan

                                                                                

HALAMAN :
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun