Mohon tunggu...
Nyoman Sarjana
Nyoman Sarjana Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Penulis

Menulis

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Izinkan Ku Kenang (Juara 1 Nasional Kepala Sekolah)

20 April 2024   20:38 Diperbarui: 20 April 2024   21:14 107
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Boleh Ku Kenang Juara 1 Kepala Sekolah Tingkat Nasional

Pertama, tentu saya minta maaf tulisan ini saya buat bukan menunjukan jumawa saya sebagai pribadi, tetapi semata keinginan untuk mengenang kembali dan berharap media kompasiana ikut menyimpannya.

Waktu itu di tahun 2010. Bulan Agustus. Setelah saya berhasil menjadi juara 1 kepala sekolah SMP tingkat provinsi, maka saya menjadi utusan untuk berlaga di Jakarta bersama 34 provinsi dari seluruh Indonesia.

Sebelumnya tentu kami mendapat pembekalan dan petunjuk di daerah, sehingga persiapan dan kesiapan semakin mantap.

Walau ada pengalaman beberapa kali mengikuti lomba lainnya, namun kali ini tentu ada beban lebih karena di pundak ada titipan harapan dari pejabat pendidikan di kabupaten maupun provinsi.

Waktu terus berjalan. Sampailah pada proses pemilihan. Dimulai dari tes tulis. Maraton sampai sore tes wawancara dan presentasi. Sedangkan untuk penilaian administrasi sudah terlebih dahulu karena dokumen sudah dikirim duluan.

Diwaktu senggang, nyali saya sempat ciut, karena melihat dokumen yang dibawa oleh salah seorang kepala sekolah SMP, seperti sebesar troli. Luar biasa banyaknya. Saya berpikir pasti ini yang juara.

Saat wawancara yang menarik bagi penguji (mungkin ada profesor) adalah ketika saya memaparkan makalah yang saya beri judul: Manajemen Qolbu Untuk Meningkatkan Prestasi Sekolah.

Saya digiring kok nulis manajemen qolbu. Apa latar belakangnya?

Saya pun menjelaskan berdasarkan pengalaman, ketika SDM sekolah dijejali penghargaan (seperti dengan bermacam uang tambahan), bila qolbu (hati nurani) mereka tidak tersentuh oleh utamanya diri sendiri akan sia-sia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun