Mohon tunggu...
muammar arifin
muammar arifin Mohon Tunggu... -

calm, and romance

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengertian Teori Komunikasi dan Macam-macamnya

22 April 2014   12:51 Diperbarui: 4 April 2017   16:40 1118
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Nama; Muammar Arifin

Nim;2013230040

Fakultas; IlmuSosial Dan Politik

Prodi; IlmuKomunikasi

TEORI KOMUNIKASIpadadasarnyasangatdibutuhkandalammenerapkansuatukomunikasibaikkomunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, ataupunkomunikasimassakarenakegunaandariteorikomunikasisebagaipenjelasdanpemberisuatuinformasiterhadapobjek-objekkomunikasidan agar supayaparakomunikan bisa menyerapdengansangatapa yang disampaikanolehkomunikatoradapun yang sangatdibutuhkandalamkomuikasitermasukdalammenerapkanteorikomunikasiadalahkomunikator, media, pesan, pemirsadanumpanbalik. Dan darikesekian element komunikasi yang paling banyakmempunyaiperanpentingdalam proses berkomunikasiadalahseorangkomunikatorjikaseorangkomunikatorhandalmakaumpanbaliknyaakantercapaidengansangatbaik.Dan yang palingpentingdalamteorikomunikasiadalahbagaimanakitabiasmembangunkomunikasitersebutdenganbaikdanjelas.

Ada banyakparapakarilmukomunikasi yang menjelaskantentangteorikomunikasi di antaranyaadalah;

a)CRAGAN & SHIELDS, 1998)

Teorikomunikasimerupakanhubungan di antarakonsepteoretikal yang membantumemberi, secarakeseluruhanataupunsebabagiannya, keterangan, penjelasan, penerangan, penilaianataupunramalantindakanmanusiaberdasarkankomunikator (orang) berkomunikasi (bercakap, menulis, membaca, mendengar, menonton, dansebagainya) untukjangkamasatertentumelalui media.

b)LITTLEJOHN, 1996

Teorikomunikasiadalahsatuteoriatausekumpulan "pemikirankolektif" yang didapatidalamkeseluruhanteoriterutamanya yang berkaitan proses komunikasi

c)BORMAN, 1989

Teorikomunikasiadalahsatuperkataan /istilah yang merupakanpayinguntuksemuaperbincangandananalisis yang dibuatsecaraberhati-hati, sistematikdansadar, tentangkomunikasi.

Teorikomunikasibanyak yang menjelaskandariberbagaikalanganterutamadarikalanganpakar-pakarilmukomunikasidandaridefinsi-definisi di atastersebutsayabiasmenyimpulkanbahwateorikomunikasiadalahrelasidariberbagaikonsep-konsepkomunikasi yang adadanditerapkansecarakeseluruhanatausebagianolehparakomunikator yang adakaitannyadengan proses komunikasi.

Menjelaskantentangteorikomunikasitentunyaada yang ganjaljikakitatidakmenjelaskanjugamacam-macamdari teori komunikasiitusendirikarenasejakteorikomunikasimunculadabanyak orang yang mengutarakanpendapat, dan dibagimenjadiberbagaimacam-macamteorikomunikasi.

Dibawahiniadalahsebagianbanyaktentangmacam-macamteorikomunikasi di antaranyaaadalah;

1.Teoribehaviorisme

Ilmuwankomunikasi yang mendukungtoeribehaviorismeiniadalahJhonB.watson (1878-1958) ilmuwanini di Amerikadisebutsebagaibapakbehaveorisme, teoriinimenyebutkanbahwadarisemuaprilaku, termasuktindakbalasan atau yang dikenaldenganresponitusemuaditimbulkandariadanyarangsangan (stimulus), pernyataantersebutkitabiasmenyimpulkanbahwajikasuaturangsangantelahdiamatidandiketahuimakarespondariseseorangtersebutakanmudahdandapatdiprediksikan, darisetiapprilakudapatkitapelajari melaluihubungan stimulus danjugarespon.

2.TeoriInformasi

Teoriinformasiiniadalahsebagiandariteorikomunikasi yang klasik, teoriinimerupakanbentukpenjabarandarikaryaClaude Shannon dan Warren Weaver (1949, Weaver. 1949), dalamteoriinidisebutkanbahwakomunikasisebagaitranmisipesandanbagaimana transmitter menggunakansalurandan media dalamberkomunikasi di dalamteorikomunikasiinformasiinimenitikberatkanpadasaluranatau media yang digunakanoleh transmitter jikasinyaldalam media initidakbaikmaka proses komunikasitersebutakantidaklancerbegitupunjugasebaliknya.

3.Teori agenda setting

Teoriinihampersamadenganteoriinformasikarenadalamteori agenda setting inisama-samabergantungpada media, teoriinidiperkenalkanolehMcCombs dan DL Shaw (1972). Toeriiniberargumenbahwa media sangatmembertekanankepadasuatuperistiwa, dariperistiwaitu media mengangkatperistiwatersebutdanmempengaruhikhalayakuntukmenganggapperistiwatersebutpenting.Kesimpulannyajikahalapa yang dianggappentingoleh media, makapentingjugabagikhalayak(masyaakat).

4.Teori uses and gratifications(kegunaandankepuasan)

Teoriyang dikemukakanoleh Herbert BlumerdanElihu Katz (1974).Dalamteoriinihal yang di utamakanadalahpengguna media, pengguna media mempunyaiperanaktifdalamteoriini, untukmemilihdanmenggunakan media tersebut.

5.Teoridependensiefekkomunikasimassa

Teoridependensiefekkomunikasidikembangkanoleh Sandra Ball-Rokeachdan Melvin L. DeFluer (1976), teoriinilebihmenfokuskankepadakondisistructuraldalamsuatumasyarakatdaristructuralmasyarakatinikecenduranganakanterjadisuatuefek media massa. Teoriinibisa diakusisiolehparakomunitasmasyarakat modern dan bagaimana masyarakat modern mempunyaianggapanbahwa media massaadalahpusatinformasi yang mempunyaiandilpentingdalam proses memelihara, perubahan, dankonflikdalamtataranmasyarakatdanmasalahperorangandalamsuatuaktivasi sosial.

Sebagianbesarpenelitianterhadapefekkomunikasimassa bisa dirumuskansebagaiberikut;

·Kognitif; pembentukansikapsertamemperluaskeyakinanterhadapmasyarakat

·Afektif; berusahamembuatmasyarakatketakutandancemas, serta meningkatkanataumenurunkandukungan moral.

·Behavioral; menggerakkandanmengaktifkanpembentukansuatuisutertentuuntuksuatuaktivitasmasyarakat.

http://carapedia.com/pengertian_definisi_teori_komunikasi_info2069.html

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun