Nama; Muammar Arifin
Nim;2013230040
Fakultas; IlmuSosial Dan Politik
Prodi; IlmuKomunikasi
TEORI KOMUNIKASIpadadasarnyasangatdibutuhkandalammenerapkansuatukomunikasibaikkomunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, ataupunkomunikasimassakarenakegunaandariteorikomunikasisebagaipenjelasdanpemberisuatuinformasiterhadapobjek-objekkomunikasidan agar supayaparakomunikan bisa menyerapdengansangatapa yang disampaikanolehkomunikatoradapun yang sangatdibutuhkandalamkomuikasitermasukdalammenerapkanteorikomunikasiadalahkomunikator, media, pesan, pemirsadanumpanbalik. Dan darikesekian element komunikasi yang paling banyakmempunyaiperanpentingdalam proses berkomunikasiadalahseorangkomunikatorjikaseorangkomunikatorhandalmakaumpanbaliknyaakantercapaidengansangatbaik.Dan yang palingpentingdalamteorikomunikasiadalahbagaimanakitabiasmembangunkomunikasitersebutdenganbaikdanjelas.
Ada banyakparapakarilmukomunikasi yang menjelaskantentangteorikomunikasi di antaranyaadalah;
a)CRAGAN & SHIELDS, 1998)
Teorikomunikasimerupakanhubungan di antarakonsepteoretikal yang membantumemberi, secarakeseluruhanataupunsebabagiannya, keterangan, penjelasan, penerangan, penilaianataupunramalantindakanmanusiaberdasarkankomunikator (orang) berkomunikasi (bercakap, menulis, membaca, mendengar, menonton, dansebagainya) untukjangkamasatertentumelalui media.
b)LITTLEJOHN, 1996
Teorikomunikasiadalahsatuteoriatausekumpulan "pemikirankolektif" yang didapatidalamkeseluruhanteoriterutamanya yang berkaitan proses komunikasi
c)BORMAN, 1989
Teorikomunikasiadalahsatuperkataan /istilah yang merupakanpayinguntuksemuaperbincangandananalisis yang dibuatsecaraberhati-hati, sistematikdansadar, tentangkomunikasi.
Teorikomunikasibanyak yang menjelaskandariberbagaikalanganterutamadarikalanganpakar-pakarilmukomunikasidandaridefinsi-definisi di atastersebutsayabiasmenyimpulkanbahwateorikomunikasiadalahrelasidariberbagaikonsep-konsepkomunikasi yang adadanditerapkansecarakeseluruhanatausebagianolehparakomunikator yang adakaitannyadengan proses komunikasi.
Menjelaskantentangteorikomunikasitentunyaada yang ganjaljikakitatidakmenjelaskanjugamacam-macamdari teori komunikasiitusendirikarenasejakteorikomunikasimunculadabanyak orang yang mengutarakanpendapat, dan dibagimenjadiberbagaimacam-macamteorikomunikasi.
Dibawahiniadalahsebagianbanyaktentangmacam-macamteorikomunikasi di antaranyaaadalah;
1.Teoribehaviorisme
Ilmuwankomunikasi yang mendukungtoeribehaviorismeiniadalahJhonB.watson (1878-1958) ilmuwanini di Amerikadisebutsebagaibapakbehaveorisme, teoriinimenyebutkanbahwadarisemuaprilaku, termasuktindakbalasan atau yang dikenaldenganresponitusemuaditimbulkandariadanyarangsangan (stimulus), pernyataantersebutkitabiasmenyimpulkanbahwajikasuaturangsangantelahdiamatidandiketahuimakarespondariseseorangtersebutakanmudahdandapatdiprediksikan, darisetiapprilakudapatkitapelajari melaluihubungan stimulus danjugarespon.
2.TeoriInformasi
Teoriinformasiiniadalahsebagiandariteorikomunikasi yang klasik, teoriinimerupakanbentukpenjabarandarikaryaClaude Shannon dan Warren Weaver (1949, Weaver. 1949), dalamteoriinidisebutkanbahwakomunikasisebagaitranmisipesandanbagaimana transmitter menggunakansalurandan media dalamberkomunikasi di dalamteorikomunikasiinformasiinimenitikberatkanpadasaluranatau media yang digunakanoleh transmitter jikasinyaldalam media initidakbaikmaka proses komunikasitersebutakantidaklancerbegitupunjugasebaliknya.
3.Teori agenda setting
Teoriinihampersamadenganteoriinformasikarenadalamteori agenda setting inisama-samabergantungpada media, teoriinidiperkenalkanolehMcCombs dan DL Shaw (1972). Toeriiniberargumenbahwa media sangatmembertekanankepadasuatuperistiwa, dariperistiwaitu media mengangkatperistiwatersebutdanmempengaruhikhalayakuntukmenganggapperistiwatersebutpenting.Kesimpulannyajikahalapa yang dianggappentingoleh media, makapentingjugabagikhalayak(masyaakat).
4.Teori uses and gratifications(kegunaandankepuasan)
Teoriyang dikemukakanoleh Herbert BlumerdanElihu Katz (1974).Dalamteoriinihal yang di utamakanadalahpengguna media, pengguna media mempunyaiperanaktifdalamteoriini, untukmemilihdanmenggunakan media tersebut.
5.Teoridependensiefekkomunikasimassa
Teoridependensiefekkomunikasidikembangkanoleh Sandra Ball-Rokeachdan Melvin L. DeFluer (1976), teoriinilebihmenfokuskankepadakondisistructuraldalamsuatumasyarakatdaristructuralmasyarakatinikecenduranganakanterjadisuatuefek media massa. Teoriinibisa diakusisiolehparakomunitasmasyarakat modern dan bagaimana masyarakat modern mempunyaianggapanbahwa media massaadalahpusatinformasi yang mempunyaiandilpentingdalam proses memelihara, perubahan, dankonflikdalamtataranmasyarakatdanmasalahperorangandalamsuatuaktivasi sosial.
Sebagianbesarpenelitianterhadapefekkomunikasimassa bisa dirumuskansebagaiberikut;
·Kognitif; pembentukansikapsertamemperluaskeyakinanterhadapmasyarakat
·Afektif; berusahamembuatmasyarakatketakutandancemas, serta meningkatkanataumenurunkandukungan moral.
·Behavioral; menggerakkandanmengaktifkanpembentukansuatuisutertentuuntuksuatuaktivitasmasyarakat.
http://carapedia.com/pengertian_definisi_teori_komunikasi_info2069.html
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H