Mohon tunggu...
Media Buzz
Media Buzz Mohon Tunggu... -

media buzz indonesia

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Seniman Inspirasi Esquire : Seruni Bodjawati (Lukisan, Film, Wayang)

22 September 2014   01:29 Diperbarui: 18 Juni 2015   00:00 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_324929" align="alignright" width="300" caption="sumber: esquire magazine september 2014"][/caption]

Seruni Bodjawati – Seniman Kontemporer Bergenre Namanya Sendiri

1.Apa kesibukan Anda belakangan ini?

Saya baru saja selesai pameran lukisan dan  art film di Galeri Nasional Indonesia Jakarta dan Hong Kong Contemporary Art Fair. Saat ini saya sedang mempersiapkan pameran lukisan di National Museum of Cambodia dan membuat film kolaborasi dengan seniman Austria-Afghanistan, Rahman Hak-Hagir, untuk ditampilkan di Wina Austria dan di Yogyakarta. Sehari-hari saya sibuk membaca, melukis, menulis tentang seni rupa dan wayang, serta memproduksi art film.

2.Anda sudah berpameran dimana saja?

Hingga saat ini saya pernah pameran di Indonesia (Yogya, Bali, Jakarta, Solo, Bandung), Jepang (Kyoto), Amerika (New York, Brooklyn), Australia (Melbourne), Filipina (Manila), Romania (Bucharest), Prancis (Marseille, Boulogne & Paris), India (Hyderabad), Inggris (London), Korea Selatan (Seoul), Singapura, Hongaria (Budapest & Eger), Hong Kong, Slovakia (Prievidza), dan Italia (Assisi).

3.Kenapa tertarik di bidang seni?

Saya memiliki keyakin bahwa takdir saya adalah menjadi pelukis. Saya mencintai seni lukis, hidup untuk melukis dan bukan melukis untuk hidup. Setiap kali saya melukis, saya merasa tangan Dewi Kesenian sendirilah yang menggerakan tangan saya. Saya paling tidak suka kalau karya saya hanya diperlakukan sebagai barang investasi untuk keuntungan finansial.

4.Selain melukis, Anda juga ikut terlibat dalam konservasi pelestarian wayang Indonesia. Bisa diceritakan bagaimana program/ide awalnya?

Kakek buyut saya, Ki Sukarno Gondowarsito, adalah budayawan besar di Banyumas. Pengetahuannya luas di bidang pedalangan, pendidikan, dan kejawen. Saya kini aktif bekerja sama dengan Rumah Wayang Pulangasih untuk melestarikan seni budaya wayang di Indonesia melalui berbagai festival, lomba, pagelaran wayang, dan lain-lain.

[caption id="attachment_324930" align="alignright" width="300" caption="sumber: esquire magazine september 2014"]

14113034861405801457
14113034861405801457
[/caption]

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun