Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - A runner, an avid reader and a writer.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Segelas Kopi dan Amarah yang Membelenggu

9 Mei 2024   12:10 Diperbarui: 9 Mei 2024   12:18 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Segelas kopi | Freepik.com

Tiba di sebuah warung kopi (warkop), saya memesan secangkir kopi berpadukan susu kental manis. Beberapa menit kemudian pesanan tiba di atas meja.

Tanpa menunggu lama, saya segera mencicipinya agar panasnya kopi terasa di lidah. Ah, rasanya kurang pas! sangat manis dan tidak terlalu hangat. 

Saya mulai merasa kesal. Apa solusinya agar rasa kopi tidak terlalu manis dan airnya bisa sedikit lebih hangat. Pikir saya sejenak menanti solusi. Mau marah pun tidak ada makna.

Ah, saya melanjutkan beberapa tegukan, lalu mengangkat gelas ke tempat peracikan kopi. 

"Bang, tolong tambahkan air panas sedikit, rasanya terlalu manis". Ucap saya meminta barista untuk menambahkan air ke gelas. 

"Baik, bang. oh terlalu manis ya" jawabnya singkat. 

Air panas mendarat ke dalam gelas, rasa kopi mulai pas di lidah. Tidak terlalu manis dan hangat di kerongkongan. 

Sejenak, saya mulai berpikir. Jika rasa kesal saya di awal terbawa ke perasaan, pasti efeknya berbeda pada tubuh. Boleh jadi, sampai ke rumah pun pikiran saya masih terbayang rasa kopi yang kurang pas di lidah.

Padahal, dengan mengangkat gelas dan meminta tambahan air panas, saya bisa merubah segalanya dalam sekejap. Kalau ego saya melebihi gengsi, boleh jadi rasa kesal itu meluas ke lain hal.

Fokus pada solusi  

Kita seringkali menilai masalah sebagai sumber musibah. Fokus pikiran menyita energi tubuh tanpa solusi berarti. Masalah kecil melebar kemana-mana karena fokus pikiran bukan untuk mencari solusi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun