Mohon tunggu...
Tri Lokon
Tri Lokon Mohon Tunggu... Human Resources - Karyawan Swasta

Suka fotografi, traveling, sastra, kuliner, dan menulis wisata di samping giat di yayasan pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Mangut "Ndas" Manyung Semarang, Rasanya Nagih

20 April 2019   15:30 Diperbarui: 20 April 2019   21:06 409
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ini Mangut Ndas (Kepala) Manyung (Dokpri)

Mumpung masih di Semarang, kota berhawa panas, langkah kaki saya lanjutkan dengan berburu kuliner kampung khas Semarang.

Sabtu ini (20/4), saya ikut kakak saya ke pasar. Pokoknya ikut saja, daripada di rumah. Tetibanya di pasar, pertama-tama mata dimanjakan dengan jajan pasar lupis, gendar, putu mayang, klepon dan cenil.

"Beli dua bungkus tapi campur" simbok penjual kemudian melayani dan dua bungkus kertas bekas fotokopian, diserahkan. Untuk dua bungkus, saya merogoh kantong dan menyerahkan lima ribuan kepada simbok penjual jajanan pasar.

Sementara itu, kakak perempuan saya sudah berhenti di muka penjual ikan. Saya lihat penjual mengambil kepala ikan dan dimasukkan di kantong plastik.

"Kok beli kepala ikan, mana dagingnya?" tanya saya kepada kakak saya. Sambil tersenyum, kakak saya menjawab, "Ini kepala ikan Manyung. Nanti, arep dimangut. Pasti sedap".

Dalam perjalanan pulang, saya tanya berapa harga satu kepala ikan manyung. Kakak saya bilang 1 belah kepala ikan manyung (bukan utuh) harganya sepuluh ribu rupiah. Lalu saya lihat di kantong plastik jumlahnya ada 7 potong kepala manyung.

"Di warung harga seporsi mangut kepala manyung ukuran besar (2 kg) bisa dijual hingga 100 ribu rupiah" ingat saya seperti yang dikisahkan oleh teman saya.

Ikan Manyung (Siluriformes, Ariidae) adalah ikan laut tangkapan nelayan yang biasa dagingnya dipakai untuk ikan asin (jambal roti). Ada 7 jenis ikan Manyung, tapi yang terkenal untuk ikan asing yang jenis Thalassinus.

Dimangut dengan tahu, krai, dan bumbu santan (dokpri)
Dimangut dengan tahu, krai, dan bumbu santan (dokpri)
Tetiba di rumah, setelah meletakkan semua belanjaan di atas meja, termasuk 7 potong kepala ikan asap manyung.

Lalu, bagaimana cara membuat mangut ndas manyung? Kakak perempuan saya menjelaskan dengan detil. Saya hanya memperhatikan saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun